riau24 Tahun Ini, 80 Ribu Hektar Lahan Gambut Riau Direstorasi | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Pekanbaru

Tahun Ini, 80 Ribu Hektar Lahan Gambut Riau Direstorasi

0
Berita Riau -  Tahun Ini, 80 Ribu Hektar Lahan Gambut Riau Direstorasi

Pekanbaru, Riau24.com- Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 1 tahun 2016 tentang Pembentukan Badan Restorasi Gambut (BRG), terdapat 2 juta hektar lahan gambut yang harus direstorai dimana terbagi pada tujuh Provinsi.

“7 provinsi itu yaitu Provinsi Riau, Provinsi Jambi, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan dan Provinsi Papua,” ungkap Haris Gunawan selaku Deputi Bidang Penelitian dan Pengembangan BRG, Rabu (28/9/16).

Sementara dari 7 Provinsi tersebut, 40 persen lahan dari 2 juta yang bertambah menjadi 2,1 juta setelah dilakukannya pendataan ulang yang harus direstorasi berasal dari Provinsi Riau yaitu seluas 786 ribu hektar.

“Riau akan menjadi perhatian yang sangat besar terkait dengan program restorasi gambut nasional karena luasan gambut yang dimiliki di Kabupaten Kepulauan Meranti,” tambah Haris di Kantor Gubernur Provinsi Riau.

Namun, berdasarkan Perpres tersebut pula, adanya aturan menetapkan 30, 30, 20 dan 20 persen berdasarkan perincian 2,1 juta di tahun 2016, maka diperoleh sebanyak 600 ribu lahan yang harus direstorasi pada tahun ini.

“Dari 600 ribu itu terutama ada di 4 kabupaten yaitu Kabupaten Kepulauan Meranti dari Riau, Kabupaten Oki dan Kabupaten Muba dari Sumatera Selatan dan Kabupaten Tulang Piso dari kalimantan tengah, di Riau sendiri untuk tahun ini yang harus kita restorasi sekitar 80 ribuan hektar,” terang Haris.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru