riau24 Hutang PDAM Kota Pekanbaru Dihapuskan | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Pekanbaru

Hutang PDAM Kota Pekanbaru Dihapuskan

0
Walikota Pekanbaru, Firdaus menandatangani naskah perjanjian hibah penyelesaian piutang negara pada PDAM
Berita Riau -  Hutang PDAM Kota Pekanbaru Dihapuskan

Pekanbaru, Riau24.com- Walikota Pekanbaru, Firdaus menandatangani naskah perjanjian hibah penyelesaian piutang negara pada PDAM di Grand Kemang Hotel, Jakarta.


Deputi Wapres Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi, Infrastruktur dan Kemaritiman, Tirta Hidayat mengatakan ada 107 daerah yang diundang untuk hadir dalam penandatanganan naskah perjanjian hibah penyelesaian piutang negara kepada PDAM pada hari ini.


"Dari 107 tersebut, 27 persen daerah tidak sehat dan 20 persen berkinerja sakit, dalam arti kondisi keuangannya sangat tidak baik sekali. Utang besar tidak provit karena sambungan yang minim ke rumah serta kebocoran yang cukup banyak disana sini," ujar Tirta.


Untuk itu, kata dia, dalam RPJMN pada tahun 2019 nanti air minum di Indonesia harus 100 persen sehat untuk diminum oleh masyarakat Indonesia. Makanya, Pemerintah Pusat menyelesaikan hutang PDAM yang sakit ini, dengan cara pemerintah memberikan hibah penyelesaian hutang PDAM daerah ke Pemerintah Pusat melalui Mentri Keuangan RI.


Walikota Pekanbaru saat dikonfirmasi mengatakan sangat menyambut baik sekali program yang dilakukan Pemerintah Pusat ini, karena hibah dari Pemerintah Pusat kepada daerah dalam bentuk Non Cash yaitu pembayaran utang PDAM oleh Menteri Keuangan menjadi penyertaan modal daerah.


"Kita ketahui hutang PDAM Tirta Siak Pekanbaru yang berjumlah Rp69 milyar akan dihapuskan dan akan menjadi penyertaan modal Pemerintah Daerah dalam bentuk Non Cash. Ini nanti setelah ditandatanganinya kesepakatan antara Pemerintah Pusat dan daearah yang diikuti penyelesaian daerah ke pemerintahan pusat," tutur Firdaus.


Hal ini, sambungnya, tentu akan menjadi motivasi kinerja PDAM diseluruh Indonesia terutama PDAM Tirta Siak yang ada di Kota Pekanbaru saat ini.


"Semoga masalah kesulitan air bersih di Pekanbaru cepat teratasi dan kita semua masyarakat Pekanbaru dapat menikmati air bersih yang diharapkan," harapnya.


Dalam acara ini, Firdaus didampingi Kabag Ekonomi Laksmi Fitriana dan Ketua DPRD Kota Pekanbaru serta Kepala PDAM Tirta Siak Pekanbaru, Kiemas.


Hadir pula Dirjen Perimbangan dan Keuangan, Direktur Pembiayaan dan Transfer non Dana Perimbangan, Direktur Sistim Manajemen Investasi, Direktur BUMD, Direktur Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum dan Gubernur, Bupati serta Walikota se Indonesia.


R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru