riau24 Dewan Penasehat Apdesi Rohul Minta Calon Kades Diseleksi | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Pilkades Rohul

Dewan Penasehat Apdesi Rohul Minta Calon Kades Diseleksi

0
Dewan Penasehat Apdesi Rohul Minta Calon Kades Diseleksi
Berita Riau -  Dewan Penasehat Apdesi Rohul Minta Calon Kades Diseleksi
Rohul, Riau24.com - Dewan Penasehat (Wanhat) Asosiasi Perangkat Kepala Desa Indonesia (APDESI) Rokan Hulu (Rohul), Syafei Bangsawan, meminta agar Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Rohul, melakukan seleksi bagi seluruh calon Kepala Desa (Kades) yang akan maju di Pilkades serentak tahun 2016 ini.

Itu disampaikan Wanhat APDESI Rohul, Syafei Bangsawan, Minggu (2/10/2016), sebagai bentuk kepedulian agar nantinya Kades yang dipilih masyarakat benar-benar memahami tugas pokok dan fungsinya (tupoksi).

“Karena kita melihat, kini sudah mulai muncul beberapa persoalan terkait penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan dana desa yang menyalahi. Sehingga kedepannya diperlukan, sosok Kades yang memimpin desa merupakan orang yang benar memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) agar pengelolaan ADD dan dana desa bisa benar-benar tepat sasaran,” harap Syafei. 


Baca Juga :
Sekda Inhil Sebut Pramuka Punya Peranan Dalam Pemerintahan

Apalagi imbau Syafei mantan Ketua APDESI Rohul, juga pernah menjabat Kades Desa Babussalam, Kecamatan Rambah selama 11 tahun (dua priode), saat ini ada miliaran dana ADD maupun dana desa, baik dari kabupaten, Provinsi Riau dan dana pusat yang dikelola desa, sehingga membutuhkan SDM handal.

“Bila perlu dilakukan profet tes (kelayakan) atau kemampuan pribadi masing-masing calon Kades, sehinga nantinya diharapkan mereka yang akan maju di Pilkades benar-benar yang memiliki kopetensi, agar dalam pengelolaan keuangan desa bisa sesuai harapan masyarakat. kemudian, dirinya juga mampu mengelola keuangan daerah sesuai peruntukannya berdasarkan UU dan aturan yang ada,” harapnya.

Dan yang lebih penting lagi, kedepannya calon Kades yang akan maju di Pilkades serentak, hendaknya bukan calon yang hanya menghandalkan banyak uang atau Money Politik. Namun diharapkan, calon tersebut adalah orang yang mampu membawa kemakmuran desa sehingga masyarakat akan kebih sejahtera kedepannya. 

“Karena sesuai program Pemkab Rohil saat ini, mempunyai visi-misi membangun desa menata kota. Artinya, pembangunan kedepannya di mulai dari desa. Dari informasi pihak BPMPD Rohul, tahap I pilkades serentak akan digelar untuk 70 desa, dari 147 desa yang berada di 16 kecamatan se-Rohul,” ungkapnya.  (***)

 


Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru