riau24 Hasil Assessment Bukan Penentu Kebijakan Penempatan Pejabat | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Pekanbaru

Hasil Assessment Bukan Penentu Kebijakan Penempatan Pejabat

0
Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah, Asrizal
Berita Riau -  Hasil Assessment Bukan Penentu Kebijakan Penempatan Pejabat

Pekanbaru, Riau24.com- Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D), Asrizal mengatakan, pemetaan yang dilakukan kepada jabatan administrator (pejabat struktural eselon III) dan jabatan pengawas (pejabat struktural eselon IV) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tidak menjadi penentu pada kebijakan penempatan pejabat pemerintahan.

Dikatakannya, hasil akhir yang diperoleh oleh TIM Assessor sejumlah 15 orang yang merupakan gabungan dari assessor BKP2D, assessor Badan BKN Regional dan BKN pusat ini hanya akan dijadikan sebagai pertimbangan oleh pejabat kepegawaian.

“Jadi kita hanya sebagai dasar pertimbangan oleh pejabat kepegawaian dalam mengambil kebijkan keputusan dalan penempatan pengangkatan pejabat,” ujar Asrizal pada awak media, Selasa (4/10/16).

Pemetaan yang dilakukan juga sebagai persiapan Pemprov Riau untuk menyambut diberlakukannya Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2016 yang akan efektif pada 1 januari 2017 mendatang.

“Otomatis kita mulai hari ini sudah bersiap untuk menempatkan pejabat mulai eselon II, III dan IV sesuai dengan OPD yang ditetapkan oleh DPRD. Salah satu langkah kita mempersiapkan diri itu melalui pemetaan jabatan eselon III dan IV ini,” sambung Asrizal di Kantor Gubernur Provinsi Riau.

Lebih lanjut dikatakan Asrizal, ada beberapa kriteria dan indikator yang ditetapkan untuk masing-masing eselon III dan IV. Dimana pada pejabat eselon III diwajibkan memenuhi 10 kompetensi dasar manajerial sedangkan eselon IV sebanyak 8 indikator.

“Inilah yang akan dilihat dan direkam dengan berbagai instrument yang dilakukan oleh assessor. Jadi mereka dengan berbagai instrumen menggali kompetensi manajerial yang dimiliki oleh pejabat ini, tidak hanya satu instrumen tetapi berbagai instrument,” lanjut Asrizal.

Terkhusus untuk jabatan struktural, salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai adalah analis dibidang konsep. “Dia ahli dibidang menganalisa konsep. Selain itu juga bagaimana kepemimpinan, selanjutnya pengorganisasian,” pungkasnya.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru