riau24 Tingkatkan Kualitas SDM, Pemprov Riau Berikan Beasiswa Belajar | Berita Riau
Rabu, 24 Januari 2018

Pekanbaru

Tingkatkan Kualitas SDM, Pemprov Riau Berikan Beasiswa Belajar

0
Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah, Asrizal
Berita Riau -  Tingkatkan Kualitas SDM, Pemprov Riau Berikan Beasiswa Belajar

Pekanbaru, Riau24.com- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D) Provinsi Riau pada tahun ini tercatat telah mengirimkan sebanyak tujuh pegawai untuk melanjutkan studi strata 2 (S2) dan strata 3 (S3).

Beasiswa tugas belajar yang diberikan guna mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di lingkungan Pemprov Riau ini sepenuhnya ditanggung oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Dikatakan Asrizal, jika studi yang dilakukan melewati tenggang waktu yang diberikan, maka pembiayaan selanjutnya ditanggung oleh masing-masing pegawai.

“Pegawai kita arahkan untuk S2 dan S3. Biaya yang ditanggung adalah living cost mereka oleh APBD terus dengan biaya spp mereka. Waktu yang ditetapkan yaitu selama pendidikan yang untuk S2 itu selama 2,5 tahun dan sS selama 3-4 tahun. Selebihnya ditanggung sendiri,” ujar Asrizal, Selasa (4/10/16).

Menurut Asrizal, bahkan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman menggena bagaimana pegawai Pemprov Riau tidak hanya diberikan beasiswa untuk melanjutkan studi di universitas dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Hanya saja, kata Asrizal, program satu ini acapkali terkendala oleh beberapa hal yaitu minat pegawai yang kurang dan yang keuda yaitu bahasa.

“Oleh sebab itu mulai tahun ini kita akan membuat yang namanya diklat toefl bagi pegawai negeri sipil (PNS) yang kita persiapkan untuk berangkat ke luar negeri. Ini yang kita rekrut yang muda-muda, yang ingin meningkatkan pendidikan ke luar negeri,” lanjut Asrizal pada awak media di Kantor Gubernur Provinsi Riau.

Beasiswa tugas belajar ini merupakan program yang pertama kali dijalankan tahun ini, kedepannya setiap tahun Pemprov Riau akan mengirimkan pegawai-pegawainya untuk secara bergilir melanjutkan studinya ke tingkat yang lebih tinggi. “ini kan yang pertama, jadi nanti tahun depan akan ada penambahan. Begitu setiap tahunnya,”sambung Asrizal.

7 orang pegawai yang diberangkatkan yaitu dari Rumah Sakit Umum Daerah telah mengirim pegawai untuk mengambil program doctor (S3) di bidang Epidemi. Kemudian, ada yang mengambil S3 ekonomi akuntansi, selanjutnya di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan mengambil jurusan perencanaan tata ruang dan kota, serta dua diantaranya Univeristas Gajah Mada (UGM) dengan jurusan perencanaan tata ruang pedesaan.

“Dari 7 orang itu ada yang tingkat doktoral S3 dan 5 orang tingkat S2. Ada yang ke ITB kemudikan yang doctoral itu ada yang kita kirimkan ke UGM dan UNAND. Spesifikasi jurusannya berbeda-beda,” tutup Asrizal.

R24/ntg 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru