riau24 Eko: Bukan Hanya Pers Bebas, Tetapi Juga Profesional | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Pekanbaru

Eko: Bukan Hanya Pers Bebas, Tetapi Juga Profesional

0
Diseminasi pedoman peliputan terorisme dan peningkatan profesionalisme media massa pers dalam meliput isu-isu terorisme
Berita Riau -  Eko: Bukan Hanya Pers Bebas, Tetapi Juga Profesional

Pekanbaru, Riau24.com- Eko Hariadi selaku Ketua Aliansi Pers Asia Tenggara mengatakan, terkait dengan peliputan isu terorisme, Indonesia sebagai Negara demokratis layaknya tidak hanya melahirkan kebijakan pers bebas namun juga profesional.

"Kita bukan hanya butuh pers yang bebas namun juga pers yang bertanggung jawab," ujar pria yang kerap disapa pak item, Rabu (5/10/16)

Sebab menurutnya, acapkali menemukan wartawan suatu media yang menaikkan berita teroris yang konten beritanya sensasional tetapi enggan untuk liputan lebih mendalam terhadap suatu persoalan.

"Media di Indonesia fenomenanya, mereka lebih tertarik untuk meliput isu-isu sensasional ketimbang melakukan liputan mendalam seperti mengapa mereka menjadi teroris, kemudian dari mana dana mereka peroleh dan segala macam," terang Eko yang pernah berkecimpung di media massa ternama yang beroperasi di Negara Amerika Serikat.

Berbeda dengan media massa di luar negeri, lanjutnya, Indonesia cenderung tertarik untuk liputan peristiwa suatu isu seperti misalnya penangkapan salah seorang teroris di suatu wilayah.

Padahal, bagi media massa yang tidak membekali seorang wartawan dengan kemampuan membela diri di situasi genting dimana akan penuh dengan senjata api, akan sangat membahayakan nyawa dari wartawannya.

"Selain itu juga karena peliputan pada life tersebut akan membuat banyak tenaga kepolisian dan TNI kita akan terekspos ke publik dimana akan membahayakan lembaga dan nyawa mereka karena bisa jadi ada dendam atau bagaimana," tutupnya.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru