riau24 Ribuan Tenaga Honorer Akan Diseleksi Kinerjanya | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Pemko Dumai

Ribuan Tenaga Honorer Akan Diseleksi Kinerjanya

0
Ribuan Tenaga Honorer Akan Diseleksi Kinerjanya
Berita Riau -  Ribuan Tenaga Honorer Akan Diseleksi Kinerjanya

Dumai, Riau24.com – Berdasarkan rekapitulasi jumlah tenaga honorer yang dilakukan oleh Tim Gabungan ke 199 Unit Kerja di lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Dumai belum lama ini, Walikota Dumai Drs H. Zulkifli As memastikan akan menyeleksi dan mengevaluasi kinerja dari 5.617 Tenaga Non PNS dimasing – masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di Kota Dumai.

“Saya akan menyeleksi dan mengevaluasi Kinerja Honorer tersebut. Apakah mereka bekerja secara maksimal atau malah tidak produktif sama sekali,” tegas Walikota kepada awak media disela–sela kegiatannya, Rabu (05/10) kemarin.

Menurut orang nomor satu di Kota Dumai ini, proses seleksi akan disesuaikan dengan Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK ) yang baru dan disesuaikan juga dengan ketersediaan Anggaran 2017 mendatang.

“Kita akan lihat jumlah SOTK baru ini. Apakah akan ada penggurangan jumlah tenaga honorer  atau akan disesuaikan dengan SOTK yang baru. Yang jelas kita ingin Dumai semakin menjadi lebih baik,” tuturnya.

Walikota akan melihat sejauh mana kinerja para honorer tersebut. Salah satu solusi yang dilakukan adalah dengan menyeleksi ulang para honorer. Apakah mereka benar-benar berkompeten atau tidak sebagai honorer di mana dia bertugas saat ini.

“Kedepan kita tidak ingin adanya penumpukan jumlah honorer di SKPD seperti yang terjadi sekarang,” terangnya.

Keberadaan honorer memang membebani Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) setiap tahunnya, namun begitu tidak ada masalah, sebab itu kebutuhan Pemko dalam melaksanakan tugas seiring jumlah pegawai pun memang terbatas dimasing SKPD.

Terkait akan adanya penggurangan tenaga honorer, Walikota belum dapat memastikan. Sebab semua data honorer akan dicek dan disesuaikan.

“Kalau memang tenaga honorer tersebut bekerja dan sesuai tupoksinya, ya bisa saja tetap bekerja. Tetapi, kalau kita temui tenaga honorer itu hanya duduk–duduk saja di kantor ya bisa jadi akan terseleksi,” tukasnya.

Sebelumnya, tim gabungan dari instansi terkait seperti Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Inspektorat dan instansi terkait lainnya telah meakukan evaluasi dan juga memeriksa keakuratan data tenaga honorer yang bekerja dimasing-masing SKPD dilingkup Pemerintah Kota Dumai.

Evaluasi akan dilakukan secara ketat, semua data dari SKPD akan dicocokkan dengan data yang ada di BKD, termasuk memeriksa absensi para tenaga honorer, pihaknya juga melakukan wawancara terhadap tenaga honorer dimasing-masing SKPD.

Termasuk dokumen atau SK pengangkatan tenaga honorer tidak luput dari pemeriksaan dan semua dokumen pendukung lainnya diperiksa secara detail seperti amprah gaji.

“Yang pasti evaluasi ini bertujuan mengantisipasi adanya data honorer Fiktif. Untuk itu kami mohon dukungan semua pihak terkait agar evaluasi ini dapat berjalan lancar. Hasilnya akan kami sampaikan setelah semua tim selesai menjalankan tugasnya,” tutup Kepala BKD Dumai Sepranef Syamsir.  (***)



R24/dik 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru