riau24 Kelurahan Bukit Datuk, refleksi kebersamaan melalui Forum Desa Siaga Aktif | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Dumai

Kelurahan Bukit Datuk, refleksi kebersamaan melalui Forum Desa Siaga Aktif

0
dumai
Berita Riau -  Kelurahan Bukit Datuk, refleksi kebersamaan melalui Forum Desa Siaga Aktif
Dumai, Riau24.com- Kelurahan Bukit Datuk adalah merupakan salah satu kelurahan yang aktif dalam melaksanakan kesiapsiagaan dalam menghadapi masalah kesehatan di Kota Dumai.
 
Salah satu bentuk kesiagaan mereka adalah terbentuknya Forum Kelurahan Siaga Aktif dengan segudang kegiatan antara lain Donor darah on-call,  piket ambulans kelurahan, forum gotong royong lengkap dengan jadwal dan lokasi selama 1 tahun.
 
Dalam melaksanakan Kelurahan Siaga Aktif,  Kelurahan yang dipimpin oleh Dasuki ini membagi tugas kader yang berjumlah lebih dari 35 orang ini dalam 7 tanggung jawab yaitu;  Siaga Kesehatan Ibu dan Anak,  Siaga Gizi,  Siaga Keehatan Lingkungan,  Siaga Usia lanjut,  Siaga Bencana dan Wabah,  Siaga Penanggulangan Penyakit dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang didukung oleh 8 posyandu balita,  2 posyandu Lansia dan 1 posbindu (pos pembinaan terpadu) untuk pelayanan penyakit tidak menular dan dibina dengan baik oleh tenaga kesehatan puskesmas Bumi Ayu.
 
Dalam melaksanakan kegiatan,  Forum Kelurahan Siaga Aktif yang di pimpin Elfatni ini,  dibiayai oleh swadaya masyarakat,  CSR,  Dinas Kesehatan Kota Dumai dan juga dari donatur disamping juga membangun kolam ikan lele.  Elfatni mengaku kekompakan warga sangat mendukungnya dalam melaksanakan tugas sebagai ketua forum disamping isterinya Norhuda yang juga salah seorang kader yang penuh semangat di Siaga Kesehatan Lingkungan.
 
Kelurahan Bukit Datuk ini,  terletak di wilayah kecamatan Dumai Selatan,  memiliki 12.579 penduduk terdiri dari 2.989 KK.
 
Salah satu kelurahan yang maju,  dimana di kelurahan ini juga terdapat pojok Free WIFI yang bisa di akses oleh masyarakat.
 
Kelurahan Bukit Datuk juga melakukan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana dan kegawat daruratan penyakit seperti menghadapi bencana asap mereka membuat sendiri masker untuk mengantisipasi asap,  dan gotong royong memerantas sarang nyamuk dan polongan serta parit untuk antisipasi DBD dan banjir. Sehingga angka DBD yang cukup tinggi di Kota Dumai dapat ditekan di kelurahan bukit datuk.
 
Dalam bekerja,  kader-kader penuh semangat.  Dibina oleh 10 tenaga kesehatan yang disebut tim 10. Yang menarik adalah,  dalam melaksanakan tugas para kader dibagi wilayah binaan 1 orang kader bertanggung jawab untuk membina 10 KK sehingga jika 5 kader membina 50 KK dalam 1 triwulan yang diprioritaskan yang memiliki bayi dan balita.
Selain kegiatan siaga kesehatan,  para kader juga berinovasi membuat tempat cuci tangan dari jerigen bekas,  pot bunga dari ban bekas dan disetiap didepan rumah memiliki asbak dengan stiker "harap matikan rokok anda" agar yang merokok tidak merokok di dalam rumah.
 
R24/adi/rls
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru