riau24 Polda Riau Ungkap Peredaran 6.614 Suku Cadang Sepeda Motor Ilegal di Pekanbaru | Berita Riau
Selasa, 19 Desember 2017

Barang Ilegal

Polda Riau Ungkap Peredaran 6.614 Suku Cadang Sepeda Motor Ilegal di Pekanbaru

1
Barang bukti yang disita polisi (Foto: Humas Polda Riau)
Berita Riau -  Polda Riau Ungkap Peredaran 6.614 Suku Cadang Sepeda Motor Ilegal di Pekanbaru
Pekanbaru, Riau24.com - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Riau menggerebek sebuah toko suku cadang sepeda motor di Jalan Tuanku Tambusai, Pekanbaru. Polisi menetapkan tersangka sang pemilik toko, inisial HW atas tuduhan perniagaan barang ilegal. 
 
"Barang ilegal berasal dari Malaysia dan China," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau Ajun Komisaris Besar Rivai Sinambela, Kamis, 6 Oktober 2016. Sebagaimana dilansir dari laman Tempo.co. 
 
Rivai mengatakan, penjualan suku cadang ilegal itu terbongkar berkat informasi masyarakat yang curiga dengan kejanggalan produk. Indikasinya, tersangka HW telah menjual suku cadang tanpa label standar SNI serta tidak menggunakan bahasa indonesia dalam kemasannya. 
 
"Polisi yang mendapatkan informasi dari masyaralat langsung melakukan penyelidikan ke toko tersebut," ujarnya.
 
Dari toko itu, polisi mengamankan 6.614 suku cadang sepeda motor yang terdiri dari berbagai jenis. Dia merincikan, terdapat 2 buah tali kopling merk HGM, 161 buah shock absober atau peredam kejut dan 52 buah karburator merk Senyk.
 
Selain itu, ada juga 189 buah filter atau saringan hawa berbagai merek, 500 buah rantai motor berbagai merek, 1.743 Busi berbagai merek dan 3.957 Piston berbagai merek
 
Menurut Rivai, upaya jual beli suku cadang ilegal tersebut melanggar undang undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang perdagangan dan undang undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.
 
"Ancamannya 1 hingga 12 tahun penjara dan denda Rp15 miliar," ucapnya.

R24/Nof
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Kamis, 19 Oktober 2017 09:21 wib
LIVE BULL DI CF88 AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/AmXCqp9.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru