riau24 13 Titik Panas Terpantau di Riau, Rimbo Panjang Membara | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Kebakakaran Hutan Dan Lahan

13 Titik Panas Terpantau di Riau, Rimbo Panjang Membara

1
Petugas MPA sibuk membuat sumur bor di tidak jauh dari lahan terbakar. Helikopter waterbombing berupaya padamkan api dari udara di Rimbo Panjang, Kampar. ( Foto: Istimewa)
Berita Riau -  13 Titik Panas Terpantau di Riau, Rimbo Panjang Membara
Pekanbaru, Riau24.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika stasiun Pekanbaru menyebutkan satelit Tera dan Aqua memantau 13 titik panas yang diindikasikan kebakaran hutan dan lahan tersebar di sejumlah wilayah. Kebakaran lahan kembali terjadi di Rimbo Panjang, Kampar. 
 
"Titik panas terpantau pukul 07.00 pagi," kata Kepala BMKG stasiun Pekanbaru, Sugarin, Jumat, 7 Oktober 2016. 
 
Sugarin mengatakan, titik panas terbanyak terpantau di Siak 10 titik, Bengkalis dua titik dan Rokan Hilir satu titik. "Tingkat kepercayaan di atas 70 persen atau tujuh titik api," jelasnya. 
 
Dia menjelaskan, pada umumnya cuaca di wilayah Riau Cerah Berawan. Peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terkonsentrasi di wilayah Riau bagian Utara, tengah dan pesisir timur pada pagi dan malam hari. 
 
"Temperatur Maksimum 32.0 - 34.0 derajat celcius," katanya. 
 
Kebakaran lahan sejak tiga hari terakhir turut terjadi di Desa Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar. Seluas 30 hektare lahan kosong bergambut hangus terbakar. Masyarakat Peduli Api setempat masih terus berjibaku padamkan api. 
 
"Hari ini kami tetap lanjut membuat sumur bor bantuan Badan Restorasi Gambut, sekaligus berupaya padamkan api," kata Koordinator Masyarakat Peduli Api, Harri, melalui pesan singkat. 
 
Desa Rimbo Panjang merupakan satu kawasan rawan kebakaran lahan lantaran struktur tanah bergambut. Kawasan itu masuk dalam program pembangunan 500 sumur bor untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan.
 
Rimbo Panjang menjadi prioritas lantaran berdekatan dengan Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Jika Rimbo Panjang terbakar, dikhawatirkan asap sisa kebakaran lahan bakal mengganggu aktivitas bandara.   (***)



R24/Nof 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Kamis, 19 Oktober 2017 09:21 wib
LIVE BULL DI CF88 AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/AmXCqp9.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru