riau24 Kiat Hidup Sehat Ala Kelurahan Bukit Datuk Dumai | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Kesehatan

Kiat Hidup Sehat Ala Kelurahan Bukit Datuk Dumai

0
Foto: Diskes Riau/Rozita
Berita Riau -  Kiat Hidup Sehat Ala Kelurahan Bukit Datuk Dumai
Pekanbaru, Riau24.com - Kelurahan Bukit Datuk, Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai, Provinsi Riau, memiliki cara tersendiri untuk mewujudkan masyarakat hidup sehat. Kelurahan yang dipadati 2.989 kepala keluarga itu selalu siaga menghadapi masalah kesehatan di Kota Dumai.
 
Kampung ini memiliki petugas khusus yang mereka sebut kader untuk membina masyarakat. Jumlahnya 35 orang yang dibagi dalam 7 tanggung jawab kesehatan yakni siaga Kesehatan Ibu dan Anak,  siaga gizi,  siaga kesehatan lingkungan,  siaga usia lanjut,  siaga bencana dan wabah,  siaga penanggulangan penyakit dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).
 
Dalam menjalankan aktivitas kesehatan masyarakat ini, warga didukung dengan fasilitas kesehatan yang siaga setiap waktu yakni 8 Posyandu Balita, 2 Posyandu Lansia dan 1 Pos Pembinaan Terpadu. 
 
"Semua dibina dengan baik oleh tenaga kesehatan puskesmas Bumi Ayu," kata Ketua Forum Kelurahan Siaga Aktif, Elfatni, Kamis, 6 Oktober 2016.
 
Kelurahan Bukit Datuk juga melakukan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana dan kegawatdaruratan penyakit diantaranya, membuat sendiri masker untuk antisipasi dini bencana kabut asap. Warga pun giat melakukan gotong royong memberantas sarang nyamuk mencegah serangan DBD dan banjir. 
 
"Angka DBD yang cukup tinggi di Dumai dapat ditekan di daerah kami," ujarnya. 
 
Dalam bekerja,  para kader dibina oleh  sepuluh tenaga kesehatan yang mereka sebut tim sepuluh. Para kader dibagi perwilayah dalam melakukan pembinaan. Satu orang kader bertanggung jawab membina 10 Kepala Keluarga.
 
Selain kegiatan siaga kesehatan,  para kader juga berinovasi dengan memanfaatkan barang bekas menjadi lebih bermanfaat. Tentunya baik bagi lingkungan dan kesehatan. Mereka membuat tempat cuci tangan dari jerigen bekas. Sedangkan ban bekas yang tidak terpakai mereka gunakan sebagai pot bunga dengan tampilan unik dan menarik. Uniknya, setiap rumah yang menyediakan asbak rokok dipasang stiker himbauan "Harap Matikan Rokok Anda."
 
"Agar yang merokok tidak merokok di dalam rumah," ujarnya.

Kegiatan ini dibiayai dari swadaya masyarakat,  CSR,  Dinas Kesehatan Kota Dumai dan donatur.

R24/Nof
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru