riau24 Telusuri Arsip Kerajaan Siak, Bupati Temukan Arsip Dengan Cap Darah | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Bupati Siak

Telusuri Arsip Kerajaan Siak, Bupati Temukan Arsip Dengan Cap Darah

0
Telusuri Arsip Kerajaan Siak, Bupati Temukan Arsip Dengan Cap Darah
Berita Riau -  Telusuri Arsip Kerajaan Siak, Bupati Temukan Arsip Dengan Cap Darah

Siak, Riau24.com - Bupati Siak H Syamsuar berkesempatan bertemu langsung dengan Kepala Arsip Nasional RI Mustari Irawan dan Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhhamad Syarif Bando di Jakarta.

Pada pertemuan tersebut, Bupati menyampaikan perihal pentingnya penelusuran kembali jejak sejarah Kerajaan Siak, serta keinginan mengumpulkan kembali arsip-arsip penting penyerahan kekuasaan Kerajaan Siak yang dilakukan Sultan Syarif Kasim II kepada Pemerintah Republik Indonesia.

"Saya dan jajaran terkait ikut langsung menelusuri kembali dokumen-dokumen berkaitan dengan peran strategis Kerajaan Siak di masa lampau, serta dokumen-dokumen penting sejarah lainnya," ujar Bupati.

Lepas Rombongan Khafilah MTQ, Bupati HM Wardan Bertekad Kembalikan Kejayaan Inhil

Lanjutnya, ada beberapa dokumen bahkan ditandatangani menggunakan cap darah dari perwakilan masyarakat.  

"Kami juga menemukan arsip syair Siak yang masih disimpan Perpustakaan Nasional. 
Keinginan saya, bukti-bukti sejarah yang terserak ini harus bisa segera dikumpulkan, didokumentasikan ulang, disusun kembali dan menjadi referensi bagi generasi saat ini dan nanti. Sehingga sejarah kebesaran Kerajaan Siak memiliki bukti kontribusi nyata dari sebuah kerajaan Melayu Riau bagi Bangsa Indonesia," ungkapnya.

"Jika semuanya bisa tersusun rapi, lengkap dan terdokumentasi dengan baik, tentu akan menjadi modal besar mendukung serta mewujudkan Kota Siak Sri Indrapura sebagai kota pusaka. Terlebih lagi kota ini sudah resmi diakui sebagai salah satu anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI)," tuturnya.

Bergabungnya Siak dalam jaringan ini, kata Bupati, memberikan peluang strategis. Nantinya,  diharapkan dukungan serius Pemerintah Indonesia bagi Kota Siak untuk diakui UNESCO sebagai salah satu kota warisan dunia. (***)




R24/lin 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru