riau24 Kembali, Bukit Suligi di Rohul Dibakar | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Kebakaran Hutan Di Riau

Kembali, Bukit Suligi di Rohul Dibakar

0
Kembali, Bukit Suligi di Rohul Dibakar
Berita Riau -  Kembali, Bukit Suligi di Rohul Dibakar
Rohul, Riau24.com - Sejak Kamis (6/10/16) sore kemarin sekira pukul 18.00 WIB, Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Bukit Suligi di Kecamatan Tandun terbakar lagi.

Diduga, kawasan hutan dilindungi ini sengaja dibakar oknum masyarakat. Kebakaran di Bukit Suligi terjadi dekat Kelok S (Siliwangi), tak jauh dari pemukiman warga Trans Sosial Rokan, bahkan api sudah dekat permukiman warga setempat.

Petugas Balai Pendidikan dan Pelatihan di KHDTK Bukit Suligi, Marwoto, mengatakan sampai hari ini petugas gabungan dari Tim Satgas Penanganan Karlahut Rohul masih berusaha memadamkan titik api.

Kronologi Jatuhnya Bumbi Bucket Sikorsky Saat Padamkan Kebakaran Lahan Rimbo Panjang

"Sudah 90 persen (titik api) padam. Tim masih di lokasi. Kalau belum padam, malam pun kita tangani," ujar Marwoto di ujung telepon, Jumat (7/10/16).

Marwoto mengakui sejauh ini Tim Satgas Penanganan Karlahut dari TNI, Polri, BPBD, Balai Diklat, dan pihak lain, belum mengalami kendala dalam melakukan pemadaman. Sumber air mencukupi karena ada anak sungai, dekat lokasi kebakaran.

Marwoto menduga kebakaran Bukit Suligi faktor kesengajaan. Apalagi, Tim Satgas Penanganan Karlahut Rohul menemukan alat panen kelapa sawit di lokasi kebakaran.

"Kalau di Riau, kalau tidak dibakar tidak mungkin (lahan) terbakar," jelasnya.

Ditanya soal maraknya aksi perambahan KHDTK Bukit Suligi, Marwoto membenarkan bila aksi perambahan masih saja terjadi sampai saat ini.

Diakuinya, Balai Diklat sejauh ini sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk tidak menanam kelapa sawit di kawasan dilindungi, melakukan penumbangan tanaman sawit masyarakat, termasuk penertiban pondok-pondok masyarakat.

Namun demikian, Marwoto mengakui pihaknya belum melakukan Penegakan Hukum atau Gakum kepada perambah, baru sebatas pendekatan atau sosialisasi kepada masyarakat.   (***)




R24/ags 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru