riau24 Manfaatkan Limbah Cair Hasilkan Energi Listrik, 4 PKS Usulkan Izin Lingkungan ke BLH Rohul | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Pabrik Kelapa Sawit

Manfaatkan Limbah Cair Hasilkan Energi Listrik, 4 PKS Usulkan Izin Lingkungan ke BLH Rohul

0
Manfaatkan Limbah Cair Hasilkan Energi Listrik, 4 PKS Usulkan Izin Lingkungan ke BLH Rohul
Berita Riau -  Manfaatkan Limbah Cair Hasilkan Energi Listrik, 4 PKS Usulkan Izin Lingkungan ke BLH Rohul
Rohul, Riau24.com - Saat ini ada empat Pabrik Kelapa Sawit (PKS) dari 4 perusahaan di Rokan Hulu (Rohul) yang sudah mengajukan tahap usulan proposal progam Power Plan, terkait perizinan yang harus ada kajian dampak lingkungan dari Badan Lingkungan Hidup (BLH).

Keempat PKS yang mengusulkan untuk kajian dampak lingkungan dari BLH Rohul sebelum dapatkan izin ivestasi dan persyaratan lainnya, diakui Kepala BLH Rohul, Hen Irfan, yakni PKS PSA di Kecamatan Kepenuhan, PIS I Kepenuhan, PIS 2 Kunto Darussalam dan PKS PTPNV Sei Rokan. 

Dalam proposal tersebut kata Hen Irfan lagi, program Power Plan PKS tersebut yakni memanfaatkan limbah cair berupa gas metan, yang dikelola untuk bisa menghasilkan energi listrik terbaharukan. Tahap awal sebelum mendapatkan izin investasi dan izin lainnya, dimana BLH nantinya lakukan kajian dampak lingkungan terlebih dahulu setelah itu perusahaan tersebut baru mengurus perizinan lainnya.

“Kita (BLH) sebagai penilai kajian perubahan izin lingkungannya, setelah keluar izin lingkungan baru bisa diurus perizinan lainnya. Dimana PKS tersebut, nantinya akan mengelola limbah cairnya dengan hasilkan gas metan untuk dapatkan energi listrik. Ini murni investasi swasta, dimana gas metan yang hasilkan dikelola menjadi energi listrik terbarukan kemudian dimanfaatkan untuk listrik lalu dijual ke PLN,” sebut Hen Irfan.

Program Power Plan 4 PKS tersebut, diakui Hen Irfan, nantinya konsepnya sama dengan program PLTgB yang ada di Tambusai Utara, dimana PKS Pasadena sudah memanfaatkan limbah cairnya untuk menghasilkan energi listrik dari energi terbaharukan.

Raih Juara III Nasional Pengelolaan Dana BOS, Bupati Apresiasi SD 015 Sei Sirih Singingi 

“Untuk besarnya investasi dan daya listrik yang akan dihasilkan nantinya, kita tidak mengetahuinya secara teknis. Karena, PKS tersebut hanya ajukan proposal ke BLH terkait penilai kajian perubahan izin lingkungannya, sebelum perizinan lainnya diurus,” ungkapnya. 

Kata Hen Irfan lagi, dimana sesuai UU 32 tahun 1999, kini perusahaan memanfaatkan tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) dari energi yang terbaharukan.  

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Petambangan dan Energi (Distamben) Rohul, Drs Yusmar Yusuf mengaku, pihaknya baru mendengar secara lisan dari BLH Rohul ada sejumlah PKS yang usulkan untuk izin lingkungan, terkait akan membangun Power Plan yang menghasilkan energi listrik terbaharukan.

“Secara tertulis dan pemberitahuan PKS ke kita tentang prigram Power Plan belum ada. Bila memang ada pihak swasta yang akan membangun listrik dengan manfaatkan limbah cair PKS. Distamben Rohul bukan hanya mendukung namun kita akan mendorongnya, agar kekurangan listrik di Rohul bisa teratasi,” kata Yusmar. 

Namun, untuk membangun listrik dengan memanfaatkan limbah cair PKS biayanya akan mahal, seperti PLTgB Rantau Sakti, Tambausai Utara yang kini jadi program percontohan di Indonesia. “Jelasnya, bila memang nantinya itu jadi, maka akan sangat membantu sekali. Apalagi di Rohul masih kekurangan energi listrik 30 hingga 40 MW, kemudian nantinya perusahaan bisa memperkerjakan tenaga kerja lokal Rohul.   

Hanya saja Distamben Rohul, belum bisa memperkirakan berapa besar nantinya yang dihasilkan enegeri listrik dari 4 PKS tersebut, karena sejauh ini belum adanya koordinasi PKS dengan Distamben Rohul.   (***)




R24/ags 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru