riau24 Disembur AS, Koalisi Arab Siap Investigasi Serangan Udara di Yaman | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Timur Tengah

Disembur AS, Koalisi Arab Siap Investigasi Serangan Udara di Yaman

0
Koalisi Arab menyatakan akan melakukan investigasi atas serangan udara yang menewaskan ratusan orang di Yaman. Foto/Reuters
Berita Riau -  Disembur AS, Koalisi Arab Siap Investigasi Serangan Udara di Yaman
Riyadh, Riau24.com - Koalisi Arab menyatakan siap bekerjasama dengan Amerika Serikat (AS) untuk menyelidiki serangan udara yang menewaskan ratusan orang di Yaman. Pernyataan ini muncul setelah sebelumnya AS menyatakan akan mempertimbangkan dukungan untuk operasi militer koalisi Arab di Yaman.

"Para penyidik akan diberikan akses ke data dan informasi tentang operasi militer yang dilakukan pada hari itu dan di tempat kejadian, serta di daerah sekitarnya," bunyi komunike yang dikeluarkan koalisi Arab seperti dikutip dari Sindonews, Minggu (9/10/2016).

Pesawat-pesawat jet tempur koalisi Arab yang dipimpin Arab Saudi menembakkan rudal terhadap sebuah prosesi pemakaman kelompok pemberontak Houthi di Sanaa, Yaman, pada hari Sabtu.

Menurut perkiraan PBB, serangan itu menewaskan lebih dari 140 orang dan menyebabkan lebih dari 525 orang terluka. Sementara media melaporkan 213 orang tewas. Namun koalisi internasional pimpinan Arab Saudi membantah tuduhan tersebut.

Yaman telah dilalap konflik militer antara pemerintah yang dipimpin Presiden Yaman Abd Rabbuh Mansur Al-Hadi dan Houthi sejak 2014. Houthi mendapat dukungan dari unit tentara yang setia kepada mantan Presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh.

Sejak Maret 2015, koalisi negara-negara Teluk Persia yang dipimpin Arab Saudi telah melaksanakan serangan udara terhadap Houthi atas permintaan Hadi.

R24/mla 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru