riau24 Hari Ini, 2 Helikopter Dikerahkan Padamkan Kebakaran Lahan | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Kebakaran Hutan Dan Lahan

Hari Ini, 2 Helikopter Dikerahkan Padamkan Kebakaran Lahan

0
Kebakaran lahan di Rimbo Panjang (Foto: MPA)
Berita Riau -  Hari Ini, 2 Helikopter Dikerahkan Padamkan Kebakaran Lahan
Pekanbaru, Riau24.com - Kebakaran Hutan dan lahan di sejumlah wilayah Riau hingga kini masih berlanjut. Satuan Tugas Pemadam api mengerahkan dua helikopter waterbombing padamkan api di tiga daerah.
 
Juru Bicara Satgas Udara Mayor Ferry Duwantoro menyebutkan, Helikopter Sikorsky yang berkapasitas 4 ton air melakukan pemadaman di wilayah Rimbo Panjang Kampar dan Tambusai Utara, Rokan Hulu. 
 
Belum diketahui pasti luas lahan terbakar. Namun pilot memperkirakan luas lahan terbakar di Rimbo Panjang mencapai 5 hektare.
 
"Heli Sikorsky Satgas Udara Fire Finish setelah 81 kali bombing," kata Ferry Duwantoro, melalui pesan singkat, Minggu, 9 Oktober 2016.  Sebagaimana dilansir dari laman Tempo.co.
 
Ferry mengatakan, kebakaran lahan juga terjadi di Rantau Bais, Rokan Hilir. Satu unit helikopter MI-8 dikerahkan padamkan titik api di daerah itu. 
 
Satelit Tera dan Aqua kembali memantau pertumbuhan titik panas di sejumlah wilayah di Riau. Sebanyak tujuh titik panas tersebar di dua daerah.
 
"Titik panas terpantau pukul 07.00 pagi tadi," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika stasiun Pekanbaru, Sugarin.
 
Menurut Sugarin, titik panas terpantau di Rokan Hilir dua titik dan Rokan Hulu lima titik. "Tingkat kepercayaan menjadi titik api di atas 70 persen yakni enam titik api," ucapnya. 
 
Sugarin menjelaskan, pada umumnya cuaca di wilayah Riau cerah berawan. Peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang merata di Riau bagian selatan, tengah, utara dan pesisir timur. "Temperatur Maksimum 32.0 - 34.5 derajat celcius," ujarnya. 
 
Kebakaran hutan dan lahan hingga kini masih terus terjadi di Riau. Namun kebakaran lahan tahun ini tidak menimbulkan bencana asap seperti tahun sebelumnya. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiagakan tujuh unit pesawat pemadam api di Riau. 
 
Data yang dirangkum dari Satgas Kebakaran Lahan menyebutkan, setidaknya 3.734 hektare luas lahan terbakar sepanjang tahun 2016. Kepolisian Daerah Riau menangkap 95 pelaku pembakar lahan dari perorangan. Polisi juga menetapkan tersangka terhadap dua korporasi perkebunan kelapa sawit. 

R24/Nof
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru