riau24 Penyu Berusia Setengah Abad, Jadi Daya Tarik Stand Rohil | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

MTQ

Penyu Berusia Setengah Abad, Jadi Daya Tarik Stand Rohil

0
Penyu Berusia Setengah Abad, Jadi Daya Tarik Stand Rohil
Berita Riau -  Penyu Berusia Setengah Abad, Jadi Daya Tarik Stand Rohil
Pekanbaru, Riau24.com - Dari belasan stand bazar MTQ Provinsi Riau ke XXXV yang tampil di lapangan Masjid Agung An Nur, pengunjung tampak sangat tertarik dengan stand bazar dari Kabupaten Rokan Hilir. Hal ini terlihat dari banyaknya pengunjung yang datang ke bazar Negeri Seribu Suluk tersebut, Minggu (9/10).
 
Ramainya kunjungan ke stand tersebut dikarenakan stand tersebut mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan dengan stand lain. Di depan stand tersebut, Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) memajang seekor penyu hijau (chelonia mydas) yang sangat unik.
 
Saking uniknya penyu hijau tersebut, para pengunjung pun berebutan untuk melihatnya. Tak hanya dari kalangan anak-anak saja, tapi kalangan tua yang kebetulan melintas di depan Stand bazar Rohil tersebut penasaran dan menghentikan langkahnya untuk melihat sejenak keindahan dan keunikan binatang yang tidak ada di kabupaten lain di Provinsi Riau ini.
Bahkan demi mengabadikan moment berharga dengan hewan langka tersebut, setiap pengunjung yang datang selalu menyempatkan diri untuk berselfie dengan penyu yang diperkirakan sudah berusia setengah abad tersebut.
 
Dari catatan yang tertera di kolam penyu depan stand itu, diketahui penyu betina berukuran besar tersebut memiliki berat 100 kilogram.  Penyu tersebut memiliki habitat di lokasi wisata Pulau Jemur Kabupaten Pasir Limau Kapas.
 
‎Bukan hanya itu, disisi kanan Stand tersebut juga dipamerkan ubi gajah (manihat esculenta crantz) dan beberapa hasil pertanian lain seperti sawit, jagung, kelapa, keladi, pisang, jelok asam kelubi dan beberpa bibit pertanian.
 
Di bagian dalam stand, panitia juga memamerkan hasil kerajinan tangan dan hasil UMKM binaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohil. Diantaranya, oleh-oleh khas Rohil seperti kacang pukul, kripik pisang, mie tunas, kerupuk udang, tenun songket, Ikan asin lomek belalah, terasi, ebi udang tiger ‎dan lainnya.
Saat kedatangan Gubri dan Wako Pekanbaru, Bupati Rohil langsung memperkenalkan satu persatu produk daerah yang dipimpinnya tersebut. Sambil berbincang-bincang, tak lupa Gubri dan Wako mencicipi masakan dan minuman khas Rohil yang terkenal sangat nikmat.
 
Kepada awak media Bupati Suyatno mengucapkan rasa terima kasih kepada panitia MTQ Kafilah Rohil yang telah bekerja keras ikut mensukseskan acara tersebut hingga sore hari kedatangan Gubri. 
 
Saat kunjungan Gubri, ia mengungkapkan Gubri sangat terpukau dengan hasil produk UMKM yang ada, karena dinilai banyak produk unggulan.
Ia juga menceritakan tentang masukan-masukan yang diberikan Gubri, untuk dijadikan pertimbangan dalam mengembangkan produk-produk Rohil yang lainnya.
 
"Kalau dilihat, stand kita (Rohil) tidak kalah menarik dibanding stand MTQ kabupaten kota laiinya. Saya optimis, kita bisa mendapatkan juara umum," harapnya.   ‎ (***)




R24/msy 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru