riau24 Ini yang Dimaksud Disperindag Soal Plastik Berbayar | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Pekanbaru

Ini yang Dimaksud Disperindag Soal Plastik Berbayar

0
Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Pekanbaru, Mas Irba Sulaiman
Berita Riau -  Ini yang Dimaksud Disperindag Soal Plastik Berbayar

Pekanbaru, Riau24.com- Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Mas Irba Sulaiman menyebut adanya pemahaman yang berbeda di masyarakat soal penerapan plastik berbayar.


"Kita lihat ada pemahaman yang berbeda di masyarakat terhadap aturan ini. Kalau diberlakukan biaya Rp200, konsumen di Pekanbaru tidak keberatan. Makanya pemahaman yang disampaikan bukan plastik dilarangnya, tetapi dampak limbah plastik itu bagi lingkungan," ujar Irba, Senin (10/10/2016).


Meskipun terhitung sejak 1 Oktober 2016 lalu peraturan mengenai plastik berbayar sudah tidak diberlakukan lagi, ternyata hingga kini masih ada ritel yang menerapkan plastik berbayar.


"Itu tidak boleh. Sudah dilarang sejak 1 Oktober. Kalau kita jumpai yang masih menjual, akan ditegur," tegas Irba.


Irba mengatakan, Peraturan Walikota (Perwako) Pekanbaru soal larangan plastik berbayar saat ini tengah dalam proses. "Dalam proses harmonisasi, karena leading sector ada di Badan Lingkungan Hidup (BLH)," imbuhnya.


Lanjutnya, Irba menuturkan juga akan melakukan sosialisasi bersama BLH terkait maksud diberlakukannnya plastik berbayar kemarin.


Irba juga menuturkan, pihak Asosiasi Ritel Indonesia tidak keberatan dengan larangan plastik berbayar. Asalkan, kata dia, hal tersebut diberlakukan secara menyeluruh. Sebab hal iti menyangkut pada persaingan bisnis.


R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru