riau24 Seminar Nasional Kemaritiman 2016 Diikuti 21 DPC INSA se Indonesia | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Walikota Dumai

Seminar Nasional Kemaritiman 2016 Diikuti 21 DPC INSA se Indonesia

0
Walikota Buka Seminar Nasional Kemaritiman 2016 Diikuti 21 DPC INSA se Indonesia
Berita Riau -  Seminar Nasional Kemaritiman 2016 Diikuti 21 DPC INSA se Indonesia

Dumai, Riau24.com – Walikota Dumai Drs Zulkifli As secara resmi membuka Seminar Nasional Kemaritiman tahun 2016 yang mengangkat tema ‘Kota Dumai Dalam Lintasan Poros Maritim Indonesia’, Senin (10/10) bertempat di Ballroom Hotel Grand Zuri, Jalan Jendral Sudirman.

Pembukaan seminar yang digelar DPC Indonesian National Shipowners Association (INSA) Kota Dumai tersebut ditandai dengan pemukulan Gong oleh Walikota Dumai, didampingi Ketua DPP INSA Carmelita Hartoto, Wakil Gubernur Kalimantan Utara Udin Hianggio, Panitia Pelaksana Idham Khalid dan disaksikan Kadis BPTPM Riau Eva Refita SE, jajaran Forkorpimda Kota Dumai, Investor lokal, Pengusaha logistik, Kadin Dumai, Ketua DPP Organda Pusat serta ratusan peserta seminar dari sleuruh DPC INSA yang ada di Indonesia.

Pada kesempatan itu, Walikota Dumai Zulkifli AS menjelaskan tentang profil Kota Dumai, seperti jumlah penduduk dan letak geografis Kota Dumai, terutamanya kawasan laut Dumai yang berbatasan langsung dengan salah satu selat tersibuk di Dunia yakni Selat Malaka.

Kunker Komisi V DPR RI Soroti Infrastruktur dan Transportasi Yang Belum Maksimal 

Kegiatan seminar ini dismabut baik Walikota Dumai. Menurutnya, Dumai banyak memiliki potensi, namun belum sepenuhnya memberikan kontribusi bagi pemerintah daerah.

“Seminar Nasional Kemaritiman yang digagas DPC INSA Kota Dumai ini, diharapkan melahirkan potensi yang bisa memberikan kontribusi untuk Kota Dumai,” harapnya.

Walikota mengajak INSA saling bahu membahu dalam memajukan kemaritiman, kususnya di Kota Dumai. Menurutnya, poros maritim sangat perlu untuk dikembangkan, namun harus memperhatikan potensi yang ada.

“Saya optimis jika kita benar-benar mampu menggali potensi kemaritiman yang ada, negara khususnya Kota Dumai akan sangat besar hasil pendapatan,” tutupnya.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana Idham Chalid menjelaskan, Seminar Nasional Kemaritiman bertujuan untuk mengangkat potensi alam daerah Dumai dan sekitarnya sebagai kota maritim di lintasan Sumatera.

“Seminar ini diikuti sebanyak ratusan peserta dari 21 DPC INSA se Indonesia dan kegiatan ini digelar selama satu hari penuh,” ujarnya.

Adapun tujuan kegiatan seminar adalah, untuk mengangkat potensi kota Dumai sebagai daearah maritim.

“Kota Dumai merupakan kota yang kurang mendapat sorotan dari pemerintah pusat dan dengan adanya kegiatan ini, semoga kedepan dapat memberikan hal yang positif dalam pembangunan Kota Dumai,” tukasnya.

Sedangkan Ketua DPP INSA Pusat Carmelita Hartoto mengungkapkan, kejayaan Indonesia sebagai negara maritim harus dikembalikan lagi dan portensi yang ada harus diberdayakan.

Indonesia merupakan negara yang sangat strategis, bahkan memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan. Dia menagku sangat setuju rencana Presiden Joko Widodo yang selalu mengedepankan sektor maritim untuk membangun kesejahteraan masyarakat.

“Seminar yang dilaksanakan ini sangat penting dalam mewujudkan poros maritim sebagai sektor yang membangkitkan perdagangan, apalagi Dumai merupakan kota berkembang di pantai timur Sumatera. Saya yakin usaha yang dilakukan ini tercapai jika dilaksanakan dengan sebaik mungkin,” ungkapnya.  (***)



R24/dik 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru