riau24 Meski Multiyears Atau Tidak, Pembangunan Jembatan Siak IV Tetap Berjalan | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Pekanbaru

Meski Multiyears Atau Tidak, Pembangunan Jembatan Siak IV Tetap Berjalan

0
Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman
Berita Riau -  Meski Multiyears Atau Tidak, Pembangunan Jembatan Siak IV Tetap Berjalan

Pekanbaru, Riau24.com- Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengatakan tidak ada yang perlu dikhawatirkan mengenai kelanjutan pembangunan Jembatan Siak IV meskipun dilakukan dengan tahun jamak atau tidak, selama pengerjaannya dipantau dengan baik.

"Tender ini bisa dikerjakan sistem tahun reguler maupun multiyears. Jadi tidak ada kekhawatiran, asal kita disiplin melakukannya maka pembangunan jembatan ini tetap berjalan baik," kata Andi Rachman, Selasa (11/10/16).

Kekhawatiran tersebut awalnya muncul sebab proyek ini tidak dilaksanakan dengan sistem beberapa kontraktor kerjasama operasional (KSO) seperti pengerjaan awalnya antara kontraktor pembangunan awal (KSO). Namun menurut Andi Rachman, persoalan itu bukan masalah. Dikatakan Andi, anggaran sebesar Rp22 miliar untuk proyek ini juga sudah dialokasikan di APBD-P 2016. Bahkan, dinas terkait telah melakukan pembahasan dengan DPRD Riau.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga, Syafril Tamun menjelaskan, pihaknya sudah melakukan pengkajian dengan konsultan terkait pembangunan Jembatan Siak IV. Diperkirakan butuh waktu 18 bulan untuk menyelesaikannya dan menyerap anggaran sebesar Rp 121 miliar.

Syafril mengungkapkan bahwa untuk pelaksanaannya, ia tetap menggunakan sistem lelang terbuka. Kegiatan ini juga dilaksanakan dengan waktu tahun jamak selama tiga tahun anggaran “Untuk pengerjaan jembatan ini sebenarnya ada beberapa opsi. Seperti penunjukan langsung kontrakor terdahulu yang mengerjakannya, lelang terbatas serta lelang terbuka. Penganggarannya juga bisa dilakukan per tahun atau secara multiyear,” ujar Syafril.

Ia juga menuturkan Kementerian PU sudah merekomendasikan untuk dilakukan Penunjukkan Langsung (PL). “Tapi karena kontraktor yang lama tidak mau makanya kita lelang terbuka untuk proyek multiyears," sebut Syafril.

Menurut Syafril cara ini yang paling baik untuk kondisi Riau saat ini. Di akhir tahun ini lewat APBDP 2016, Pemerintah Provinsi Riau akan menganggarkan uang muka Rp 22 miliar untuk kontraktor. "Nanti kontraktor pemenang lelang ini yang akan mengerjakannya hingga selesai," tutupnya.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru