riau24 Fitra Riau Nilai Ada Dugaan Suap Pada Vonis Herliyan Saleh | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Pekanbaru

Fitra Riau Nilai Ada Dugaan Suap Pada Vonis Herliyan Saleh

0
Foto: net
Berita Riau -  Fitra Riau Nilai Ada Dugaan Suap Pada Vonis Herliyan Saleh

Pekanbaru, Riau24.com- Koordinator Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau, Usman menduga ada 'permainan' dalam penetapan vonis hakim tindak pidana korupsi kepada mantan Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh.


Herliyan Saleh tersangkut kasus korupsi dana bansos Kabupaten Bengkalis tahun 2012 yang divonis hanya 1,5 tahun. Sementara tuntutan jaksa penuntut umum jauh diatas vonis terswbut yakni 8 tahun penjara.


Usman menilai vonis yang dijatuhkan hakim pada Herliyan Saleh terlalu ringan. "Putusan hakim sangat tidak layak diterima. Kita sebagai masyarakat tentu saja sangat kecewa dengan putusan hakim yang memutus hukuman ringan pada Herliyan Saleh," ujar Usman, Rabu (12/10/2016).


Terkait hal itu, Usman meminta kepada Komisi Yudisial untuk melakukan pemeriksaan pada majelis hakim yang memegang perkara ini.


"Hakimnya perlu dicurigai dan harus diperiksa karena vonisnya itu gak masuk akal dan penuh permainan. Tuntugan delapan tahun, tapi hanya diputus satu setengah tahun. Dugaan saya itu ada suap," kesalnya.


Tahun 2012 lalu, Bupati Bengkalis membentuk tim untuk menganggarkan dana bantuan hibah atau bansos sebesar Rp272 miliar dalam APBD Bengkalis. Dana tersebut digunakan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di Bengkalis.


Namun dalam perjalanannya, dana tersebut ternyata disalahgunakan sehingga terjadi kerugian negara sebesar Rp31 miliar lebih.


R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru