riau24 E-MTQ Kecolongan, Lebih Dari 100 Peserta Hasil Rental | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Pekanbaru

E-MTQ Kecolongan, Lebih Dari 100 Peserta Hasil Rental

0
MTQ
Berita Riau -  E-MTQ Kecolongan, Lebih Dari 100 Peserta Hasil Rental

Pekanbaru, Riau24.com- Pemanfaatan sistem elektronik pada penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXXV tingkat provinsi tidak membuat Riau terlepas dari praktik rental qori dan qoriah yang diambil dari berbagai provinsi.

Kegiatan rental-merental qori-qoriah bari berbagai provinsi lainnya yang dilakukan oleh kabupaten/kota se Provinsi Riau melalui sistem elektronik yang pertama kalinya diterapkan ditanggapi Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman sebagai tolak ukur untuk pelaksanaan MTQ kedepannya.

"Kedepan kita komit, seperti kemarin ada  yang mengundurkan diri semua. Berarti sportivitas karena tidak bisa memenuhi persyaratan," ujar orang nomor 1 provinsi Riau yang kerap disapa Andi Rachman tersebut.

Berdasarkan data, menyebutkan hampir 100 persen peserta dari cabang Tafsir Quran menggunakan peserta dari luar provinsi. Sementara itu, untuk cabang perlombaan lainnya, sejauh ini baru ditemuka sebanyak 30 peserta.

Oleh karena itu, Andi Rachman menilai itu menjadi pelajaran bagi Riau bagaimana mengambil tindakan kedepan dan memetik hikmah untuk evaluasi ke depan agar lebih baik lagi. Namun begitu, Andi Rachman memberikan apresiasi terhadap kemauan bersama dari seluruh Bupati kabupaten kota, panitia, peserta dan dukungan masyrakat. "Semoga bisa memperbaiki untuk kedepannya," sebutnya.

Sementara Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Riau, Ahmad Syah Harofie mengungkapkan telah menerima pengaduan dari peserta ataupun non peserta seperti masyarakat. "Laporan sudah kita terima, kita akan tindaklanjuti dan tim juga masih bekerja. Pesertanya juga belum bisa beritahukan, mungkin karena ada yang diskualifikasi kemarin, jadi yang ini beritahu lawan lainnya begitu seterusnya," jelas Ahmad Syah.

Dijelaskannya, pihaknya akan melakukan rapat. Yang penting kata Ahmad Syah pihaknya terbuka untuk melakukan perbaikan. "Jadi penyelenggaraan ini harus bersih, Semoga ini awal untuk menjadi lebih baik," ujarnya.

Serta peserta yang kedapatan curang kalau telah bertanding sepakat untuk dilakukan diskualifikasi.  Kalau sudah terlanjur maju  kata Ahmad ya nilainya ditarek. "Jadi diharapkan yang naik ke panggung semua warga Riau," ungkapnya.

"Terkait jumlah peserta masih dinamis, karena hari ini ada yang melapor. Besok ada lagi, jadi masih dinamis sampai naik panggung besok," tambahnya

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru