riau24 Gubri Belum Kirim 3 Nama Calon PLT Walikota Pekanbaru | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Pilwako Pekanbaru

Gubri Belum Kirim 3 Nama Calon PLT Walikota Pekanbaru

0
Gubernur Riau
Berita Riau -  Gubri Belum Kirim 3 Nama Calon PLT Walikota Pekanbaru
Pekanbaru, Riau24.com- Sepekan menjelang penetapan calon Walikota Pekanbaru pada 24 Oktober nanti, Pemerintah Provinsi Riau paling lambat sudah harus mengirimkan tiga nama ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk diusulkan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Pekanbaru.
 
Karena sesuai permendagri, petahana sudah harus mengundurkan diri sebagai cuti diluar tanggungan negara saat ditetapkan sebagai pasangan calon. Dengan begitu, maka gubernur juga harus mengusulkan tiga nama Plt Wako kepada Mendagri untuk ditetapkan satu nama.
 
Gubernur Riau Arsyadjuliani Rachman saat dikonfirmasi apakah sudah mempersiapkan ketiga nama tersebut, belum memastikannya. Namun menurutnya, hal itu masih dikaji dari segi aturan.
 
"Kita lihat aturannya dulu," kata Andi Rachman (sapaan akrabnya) Rabu (12/10/16).
 
Siapakah tiga nama yang bakal diusulkan menjadi Plt Walikota Pekanbary tersebut. Asisten I Setdaprov Riau Ahmad Syah saat dikonfirmasi mengaku belum mengetahuinya.
Namun menurutnya, berdasarkan kepangkatan yang berhak diusulkan menjadi Plt Walikota adalah pejabat eselon II A. Dengan begitu sejumlah pejabat mulai dari kepala dinas, para asisten termasuk Sekdaprov Riau berpotensi untuk diajukan untuk sementara waktu, menjelang dilantiknya Walikota Pekanbaru definitif.
 
Ada pun jika gubernur tak mengirimkan usulan nama Plt tersebut, maka Mendagri bisa langsung menunjuk satu nama dari pusat. Ada pun Walikota Pekanbaru Firdaus MT sendiri sudah berakhir masa jabatan pada 26 Januari 2017.
 
Berbeda dengan Kampar. Kepala Daerahnya saat ini yang dipimpin Jefri Noer tidak perlu mundur. Karena statusnya tidak mencalonkan lagi karena sudah sudah menjabat dua periode.
 
"Pekanbaru ini karena yang maju petahana berbeda dengan Kampar. Karena kepala daerahnya (Kampar) saat inikan sudah dua periode," terang Ahmad Syah.
 
R24/adi
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru