riau24 KY:Jika Ada Temuan Pelanggaran Etik Hakim, Laporkan | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Pekanbaru

KY:Jika Ada Temuan Pelanggaran Etik Hakim, Laporkan

0
Foto: net
Berita Riau -  KY:Jika Ada Temuan Pelanggaran Etik Hakim, Laporkan

Pekanbaru, Riau24.com- Koordinator Komisi Yudisial (KY) Riau, Hotman Parulian Siahaan mempersilahkan kepada masyarakat atau lembaga masyarakat yang ingin melaporkan adanya pelanggaran kode etik majelis hakim yang memvonis 1,5 tahun penjara mantan Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh dalam kasus korupsi dana bansos Bengkalis tahun 2012 lalu.


"Kalau ada bukti-bukti awal yang menjadi petunjuk, silahkan laporkan untuk bisa ditindak lanjuti oleh KY," ujar Lian, sapaan akrab Hotman Parulian Siahaan ini.


Nantinya, kata Lian, setelah adanya bukti-bukti tersebut, KY akan memeriksa dan melakukan penyelidikan untuk membuktikan benar atau tidaknya temuan yang dilaporkan bahwa hakim telah melanggar Kode Etik Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH).


Lian menjelaskan, KY tidak bisa mencampuri dan mengintervensi keputusan tersebut. Sebab, hal itu merupakan kewenangan majelis hakim.


"Apabila jaksa penuntut umum ataupun terdakwa dan atau kuasanya tidak sependapat atau punya pandangan sendiri, maka diberikan ruang untuk mengajukan upaya hukum sesuau dengan ketentuan undang-undang," pungkasnya.


R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru