riau24 Peralihan Kewenangan Pengaruhi Tunjangan Pegawai | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Pekanbaru

Peralihan Kewenangan Pengaruhi Tunjangan Pegawai

0
Asisten I Setdaprov Riau
Berita Riau -  Peralihan Kewenangan Pengaruhi Tunjangan Pegawai

Pekanbaru, Riau24.com-  Sesuai dengan Undang-undang nomor 23 tahun 2014 mengenai Verifikasi dan Inventarisasi Personel, Prasarana, Pembiayaan dan Dokumen (P3D), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melakukan peralihan kewenangan 9000 pegawai dari kabupaten/kota menjadi pegawai dilingkungan Pemprov Riau.

Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau mengatakan, peralihan ini nantinya secara tidak langsung akan mempengaruhi tunjangan bagi para pegawai. Pasalnya selama ini pegawai mendapatkan tunjangan yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan besaran tunjangan juga tergantung kesanggupan daerah.

"Memang untuk pembayaran gaji para pegawai nantinya berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU), namun untuk tunjangan para pegawai tersebut dibebankan ke APBD," ujar Edy di Kantor Gubernur Riau, Kamis (13/10/16).

Sehingga, kata Edy nantinya pasti akan ada konsekuensi yang harus diterima oleh para pegawai tersebut dimana diluar tunjangan resmi pegawai atau yang lebih dikenal dengan tunjangan profesi pegawai (TPP) pada dasarnya adalah kemampuan daerah.

"Jadi konsekuensi dari penambahan jumlah pegawai tersebut, jika kemampuan daerah tidak berubah maka yang diterima sekarang beda dengan yang akan diterima nantinya karena bebannya pasti lebih besar," katanya.

Persoalan mengenai beberapa pegawai yang akan kehilangan jabatannya, Edy membenarkan ada beberapa pegawai akan mengalami hal demikian namun katanya, pihaknya belum mendapatkan laporan serta tengah membicarakan untuk membentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) di daerah untuk mengantisipasi hal tersebut.

Dengan konsekuensi dari hal tersebut, kata Edy UPT yang dibentuk di setiap  kabupaten/kota adalah untuk mempermudah kendali urusan sesuai yang linier.  "Namun sampai sekarang saya belum mendapatkan laporan yang kongkrit terkait jumlah pastinya,"tuturnya

Sebagai informasi, pegawai yang dialihkan tersebut, diantaranya Dinas Pendidikan karena peralihan kewenangan SMA dan SMK sederajat dan SD serta SMP, kemudian juga di Dinas ESDM.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru