riau24 Sekda: Anggaran Karhutla Telah Dibebankan Pada APBN | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Pekanbaru

Sekda: Anggaran Karhutla Telah Dibebankan Pada APBN

0
Sekretaris Daerah, Ahmad Hijazi
Berita Riau -  Sekda: Anggaran Karhutla Telah Dibebankan Pada APBN

Pekanbaru, Riau24.com- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Ahmad Hijazi menjawab persoalan anggaran sejumlah Rp18,1 miliar untuk kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang dinilai terlalu kecil oleh beberapa pihak. Menurutnya, hal itu karena bencana nasional tersebut telah dibebankan pada APBN.

“Begini, anggaran karhutla itukan lebih banyak anggaran siaga, yang siaga ini tetap. Karhutla ini banyak dibiayai oleh pusat, APBN,” ujar Ahmad Hijazi pada Riau24.com, Jumat (14/10/16).

Dikatakannya, jika karhutla telah dianggarkan di APBN, maka dana APBD tidak akan termanfaatkan jika turut dianggarkan dengan jumlah yang besar. “Bukan berarti kita tidak punya sensitivitas terhadap itu. Karena porsinya itu di APBD. Karhutla ini kan sudah menjadi beban nasional, bukan beban daerah lagi,” lanjut Ahmad.

Lagipula, kata Ahmad,daerah tidak akan sanggup jika membiayai secara penuh untuk bencana karhutla karena anggaran daerah yang terbatas. “APBD tidak akan mampu memback up itu, jadi kita betul-betul didukung oleh APBN,” sambung Ahmad.

Oleh karena itu, jelas Ahmad, Presiden RI telah menginstruksikan kepada kementerian terkait memberikan segala sumber daya untuk membiayai bencana karhutla yang tiap tahun melanda Riau selama 19 tahun ini. “Dan kebetulan program nasional untuk itu ada, mereka punya program untuk itu,” pungkas Ahmad.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru