riau24 Puluhan Hektar Kebun Karet Warga Pematang Berangan Terbakar | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Kebakaran Di Rohul

Puluhan Hektar Kebun Karet Warga Pematang Berangan Terbakar

0
Puluhan Hektar Kebun Karet Warga Pematang Berangan Terbakar
Berita Riau -  Puluhan Hektar Kebun Karet Warga Pematang Berangan Terbakar

Rohul, Riau24.com - Puluhan hektar perkebunan karet warga di Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah, Kamis (13/10/2016) sekitar pukul 15.00 WIB terbakar.

Informasi di lokasi Kejadian, kebun karet warga yang terbakar merupakan lahan perkebunan karet SRDP. Lahan yang terbakar tidak berada dalam satu hamparan, namun tersebar di puluhan titik.

Lokasi kebakaran di tengah hutan serta jauh dari permukiman warga, sebabkan kebakaran tidak terdeteksi oleh masyarakat sekitar.
Informasi adanya kebakaran, diketahui setelah salah seorang warga yang tengah menakik karet melihat langsung lokasi kejadian dan memberitahukan kepada pemilik kebun lainnya.

Sudah Tua Namun Nekad Jadi Bandar Sie Jie 

“Saya tengah menakik (sadap) karet, kemudian saya melihat ada bunyi seperti ranting patah, kemudian saya cek ternyata api sudah membesar, lalu saya pulang untuk memanggil pemilik kebun untuk membantu memadamkan api,” sebut Usman.

Dijelaskan Usman lagi, banyaknya kayu dan dedaunan kering serta kencangnya angin di lokasi kejadian, sebabkan masyarakat yang hanya berbekal  alat seadanya yaitu sprair (alat penyemprot insektisida) serta ranting daun, kewalahan untuk memadamkan api. 

Diakuinya lagi, sebenarnya sudah melaporkan kejadian tersebut ke BPBD Rohul, namun petugas BPBD tidak kunjung tiba di lokasi kejadian.
Beruntung, dengan susah payah warga akhirnya berhasil memadamkan api dengan cara memukul api dengan menggunakan dahan pohon dan menyiram dengan spraire.

Warga berharap, BPBD Rohul dapat melakukan water bomding di lokasi kejadian, karena kondisi lahan perkebunan masih banyak terdapat semak dan ranting kering. Apalagi api yang berhasil dipadamkan warga tidak sepenuhnya padam, karena masih terdapat  bara api yang jika diterbangkan angin bisa kembali membakar lahan mereka.

“Berharap BPBD Rohul dapat lakukan water bomding segera di lokasi ini, sebab disini kondisi lahan sangat kering dan kita khawatir, bara api yang belum padam nantinya bisa diterbangkan angin dan mebakar semak belukar kering lainnya,” ucapnya.   (***)




R24/ags 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru