riau24 KIP Riau Akan Periksa SKPD di Rohul | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

SKPD

KIP Riau Akan Periksa SKPD di Rohul

0
KIP Riau Akan Periksa SKPD di Rohul
Berita Riau -  KIP Riau Akan Periksa SKPD di Rohul
Rohul, Riau24.com - Sidang sengketa informasi dengan menghadirkan pemohon warga Rokan Hulu (Rohul) dengan inisial (S) dan termohon enam Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Rohul yang digelar di kantor Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Riau Jl. Gajah Mada No. 200 Pekanbaru, Rabu [12/10/16] berbuntut panjang, setelah tiga kali digelar sidang termohon tidak pernah hadir tanpa ada alasan yang jelas. 

Kepada wartawan, pemohon mengatakan Jum'at [14/10/16], merasa kecewa dengan sikap enam pimpinan SKPD yang dinilainya tidak kooperatif.
 
Masing-masing kepala SKPD dilingkungan Pemkab Rohul selaku termohon, yaitu BPMPD, Disnakan, Dispora, Diskes, Disbudpar, dan BKD.
 
"Saya sangat kesal dan kecewa atas sikap Kepala SKPD yang tidak kooperatif menghadiri persidangan, saya akan mengambil langkah-langkah hukum sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku guna memperoleh hak saya sebagai warga negara,"ucapnya.

Dikatakannya lagi, pemerintah menjamin hak setiap warga negara untuk memperoleh informasi publik sebagaimana yang telah tertuang dalam UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Salah satu tujuan dari diterbitkannya UU tentang keterbukaan informasi publik adalah mewujudkan penyelenggaraan negara yang bersih, transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan. 

"Ada apa dengan semua ini sehingga Kepala SKPD tidak siap memberikan informasi kepada publik, atau mungkin mereka (termohon, red) takut boroknya terbongkar terkait penganggaran," pungkasnya.

Pada kesempatan berbeda saat dihubungi wartawan dengan via seluler, Ketua Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Riau, Mahyudin Yusdar melalui Panitera Pengganti Khairuddin, SH mengatakan akan menunda masa sidang sampai waktu yang belum ditentukan karena tidak hadirnya termohon. Namun pihaknya juga akan mengambil langkah-langkah sesuai dengan Tupoksinya sebagai komisi informasi.
 
"Pihak kami akan menindaklanjuti tuntutan pemohon dengan menyurati SKPD selaku termohon apabila tidak ditanggapi, maka majelis komisoner akan datang ke Rohul untuk memeriksa dokumen yang dibutuhkan oleh pemohon,"tutupnya.        (***)




R24/ags 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru