riau24 HNSI Tunggu Terbitnya Inpres Perizinan Melaut Bagi Nelayan Kecil | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Pekanbaru

HNSI Tunggu Terbitnya Inpres Perizinan Melaut Bagi Nelayan Kecil

0
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Tien Mastina
Berita Riau -  HNSI Tunggu Terbitnya Inpres Perizinan Melaut Bagi Nelayan Kecil

Pekanbaru, Riau24.com- Keresahan nelayan kecil dengan kapal di bawah 10 GT yang sering dipersulit mencari ikan sebab harus membuat surat izin penangkapan ikan maupun surat layak operasional, belum mendapat angin segar. Pasalnya, Implementasi Instruksi Presiden (Inpres) tak kunjung diterbitkan.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Riau, Tien Mastina, informasi terkait Inpres tersebut baru didengarnya dari media. Sementara peraturan menteri belum sampai ke daerah.

“Sekarang belum ada sama kita hanya saja sudah ada di koran, di media. Di provinsi-provinsi lain juga sudah share percakapan di wa (Whatsapp, red), sudah ada. Cuma belum ada Peraturan Pemerintah atau Permennya ke daerah kita belum ada, kita belum pegang,” ujar Tien Mastina, Sabtu (15/10/16).

Senada dengan Tien Mastina, Adryan selaku Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Provinsi Riau menyebutkan, saat ini ia tengah menunggu implementasi Inpres yang akan segera diterbitkan untuk mempermudah perizinan melaut bagi kapal di bawah 10 GT dalam menangkap ikan. "Karena kebijakan ini belum diterbitkan, jadi kita tunggu saja bagaimana kedepan implementasinya," kata Adriyan. 

Sebagai tambahan, kebijakan ini sebenarnya sudah dilaksanakan di sejumlah daerah, hanya saja perlu sosialiasi kepada aparat keamanan agar nelayan kecil tidak menjadi sasaran razia di tengah laut.

Pihaknya merespon positif jika regulasi yang berpihak kepada nelayan kecil ini segera disosialisasikan. Menurutnya implemetasi dari kebijakan ini akan berpengaruh terhadap peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan nelayan karena tidak dihadapkan dengan perizinan yang diperumit saat melaut. "Kalau di Riau perizinan untuk kapal kecil menangkap ikan tidak begitu ketat, namun setidaknya ini bisa memperbaiki sistem perizinan," terang Adriyan.

 Adriyan mengaku, belum bisa menjelaskan secara rinci bagaimana aturan ini akan menyentuh nelayan kecil, karena belum ada koordinasi dari pemerintah daerah di Bumi Lancang Kuning tersebut. 

Informasi tambahan, Menteri Kelautan Perikanan RI Susi Pujiastuti mengatakan pemerintah akan mempermudah perizinan bagi kapal nelayan di bawah 10 GT dalam menangkap ikan. Kemudahan itu akan dituangkan dalam Inpres yang segera akan diterbitkan. 

R24/ntg
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru