Query: INSERT INTO onlinenow VALUES (25818238,'54.82.79.109','g',1513170898)
Error Message: Duplicate entry '25818238' for key 'PRIMARY' Pemkab Rohul Akhirnya Keluarkan Izin Pendirian 15 Alfamart | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Alfamart Rohul

Pemkab Rohul Akhirnya Keluarkan Izin Pendirian 15 Alfamart

0
Pemkab Rohul Akhirnya Keluarkan Izin Pendirian 15 Alfamart
Berita Riau -  Pemkab Rohul Akhirnya Keluarkan Izin Pendirian 15 Alfamart
Rohul, Riau24.com - Walau sempat terjadi pro dan kontra terkait beroperasinya ritel usaha modern yang dikenal Alfamart di sejumlah kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohul akhirnya tetap memberi izin Alfamart setelah sebelumnya melakukan kajian dan studi banding ke Kabupaten Sleman. 

Bahkan Pemkab Rohul telah mengambil kebijakan dengan mengeluarkan izin persetujuan beroperasinya Alfamart untuk 15 dari 25 permohonan yang disampaikan pengusaha ritel modern ke Pemkab Rohul.

[Semakin Diminati, Motor Sport Honda Pimpin 60 persen Pangsa Pasar]
 

Plt Bupati Rohul H Sukiman melalui Kabag Tapem Setda Rohul Muhammad Zaki SSTP MSi, Senin (17/10/2016) mengatakan, Pemkab Rohul sudah mengeluarkan 15 izin persetujuan pendirian Alfamart, yang sudah diteken Plt Bupati Rohul H Sukiman, sedangkan 10 permohonan izin persetujuan Alfamart lainnya, kini masih dalam proses.

“Izin persetujuan Alfamart telah ditandatangani oleh Plt Bupati Rohul. Dimana dari 25 pengajuan izin pengoperasian Alfamart, baru 15 izin persetujuan Alfamart yang sudah dikeluarkan Pemkab Rohul. Sebelum beroperasi, para pengusaha ritel modern itu harus melengkapi persyaratan perizinan berikutnya di BPTP2M dan Diskoperindag Rohul,” ungkapnya.

Kata Zaki lagi, walaupun izin persetujuan Alfamart sudah diterbitkan Pemerintah Kabupaten Rohul, namun tidak serta merta para pengusaha Alfamart bisa langsung beroperasi. Kecuali, pengusaha sudah kantongi izin rekomendasi dari Diskoperindag dan izin usaha toko modern yang dikeluarkan oleh BPTP2M Rohul.

[Room Rental Super Hemat Ini Bisa Jadi Pilihan Acara Anda]
 

“Artinya, Pemkab Rohul sudah memberikan izin persetujuan, namun belum boleh beroperasi sebelum keluarnya izin usaha toko modern dari BPTP2M dan rekomendasi dari Diskoperindag Rohul. Bila pengusaha ritel modern itu tetap saja beroperasi, sementara izin lainnya belum keluar, maka itu jelas melanggar aturan,” tegas  Zaki lagi.

Menurut Zaki, 15 izin persetujuan Alfamart yang telah dikeluarkan tersebut, tersebar di sejumlah kecamatan yakni 3 di Kecamatan Rambah, 3 Kecamatan Ujung Batu, 1 Kecamatan Kabun, 1 Tandun, 1 Pagaran Tapah Darussalam, 1 Rambah Samo, 1 Rambah Hilir, 1 Tambusai, 1  di Tambusai Utara, 1 Kepenuhan  dan 1 di Kecamatan Kunto Darussalam.

Sikapi adanya aspirasi masyarakat pedagang kecil yang menolak kehadiran ritel usaha modern, Zaki menyatakan, Pemkab Rohul tidak bisa melarang pengusaha melakukan investasi ke daerah. Karena tidak aturan yang mengatur larangan beroperasinya ritel usaha modern tersebut.

[Gara-gara Cabai Setan, Kerongkongan Pria Ini Berlubang]
 

Hanya saja, langkah yang bisa dilakukan Pemkab Rohul guna memperhatikan nasih usaha pedagang kecil, agar usaha mereka tetap berjalan, yakni dengan mengatur jumlah dan jarak atau titik lokasi beroperasinya Alfamart yang sudah mengacu pada permohonan ke Pemkab Rohul.

Kemudian, hal pengaturan jumlah dan jarak beroperasi ritel usaha modern tersebut, perlu adanya Peraturan Bupati (Perbub) atau Peraturan Daerah (Perda) untuk lebih lanjut yang menjadi dasar hukum pemerintah daerah kedepannya.    (***)




R24/ags 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru