riau24 APBD Terlalu Kecil, Pemkab Kuansing Tak Kuat Bangun Bendungan | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Pembangunan Infrastruktur

APBD Terlalu Kecil, Pemkab Kuansing Tak Kuat Bangun Bendungan

0
APBD Terlalu Kecil, Pemkab Kuansing Tak Kuat Bangun Bendungan
Berita Riau -  APBD Terlalu Kecil, Pemkab Kuansing Tak Kuat Bangun Bendungan
Kuansing, Riau24.com - Tiga tahun sudah sejak ambruknya bendungan yang ada di Kebun Nopi. Tepatnya sejak tahun 2014 yang lalu hingga kini bendungan Kebun Nopi yang terletak di Desa Bukit Pedusunan, Kecamatan Kuantan Mudik tak bisa lagi digunakan petani padi untuk mengairi ratusan hektare lahan pertanian.

Akibatnya ratusan petani empat desa mulai Bukit Pedusunan, Luai, Seberang Pantai dan Pulau Binjai sejak tiga tahun terakhir tidak lagi bisa mengairi areal persawahan.

Pemerintah Kuansing pun tak mau tinggal diam dan selalu mendesak Provinsi maupun pusat melalui Balai Besar Wilayah Sumatera III (BBWS) yang menjadi perwakilan Kementerian Pekerjaan Umum di Provinsi untuk membangun bendungan baru.


Bebas Pungli, Polres Rohul Terapkan Aturan Ketat Untuk Urus SIM


"Kita setiap tahun mengadu ke balai besar BBWS III di provinsi, agar bendungan danau kebun nopi ini kembali dibangun baru, tapi sampai saat ini tidak juga ada realisasi," ungkap Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kabupaten Kuantan Singingi, H. Azwan, S. Sos, ST melalui Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) H. Erwan, S. Sos didampingi Pebri Mahmud, M.Eng ketika dihubungi Riau24.com diruangkerjanya, Selasa (18/10).

Bahkan beberapa waktu lalu, katanya, sudah dikirimkan surat permohonan pembangunan peningkatan bendungan kebun nopi (Lubuk Ambacang I) yang ditandatangani oleh Bupati Kuansing Drs. H. Mursini, M. Si dengan nomor : 611/BMSDA-UM/2016/91.08 tentang Pembangunan Rehabilitasi Bendungan Kebun Nopi Kuantan Singingi.

“Surat tersebut kita tujukan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan diharapkan di tahun anggaran 2017 mendatang bisa direalisasikan oleh Menteri Pekerjaan Umum, khususnya Sumber Daya Air,” harapnya.

Sebab,  untuk pembangunan baru bendungan ini diperkirakan akan menghabiskan anggaran lebih kurang Rp 18 miliar.
Untuk mengharapkan APBD Kuansing sangatlah tidak mungkin mengingat kecilnya APBD yang didapat sehingga dipastikan 
tidak akan sanggup untuk membangun bendungan baru. Sehingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuansing sangat berharap provinsi maupun pusat mau membangun bendungan ini.

"Sekarang bendungan ini tidak bisa lagi dimanfaatkan, padahal setiap tahun petani kita menanam padi," tuturnya.

Rencana pembangunan bendungan venue dayung kebun nopi nantinya akan dibuat menuju saluran irigasi yang akan dibangun yang baru. Dengan membuat jalan inpeksi dari Desa Bukit Pedusunan sampai ke desa Pulau Binjai melewati Desa Luai, Seberang Pantai sampai ke SMKN I
Kuantan Mudik di desa Pulau Binjai.    (***)



R24/zar 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru