riau24 Ini Penyebab Prestasi Rohul Merosot Tajam di MTQ Ke-35 | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

MTQ

Ini Penyebab Prestasi Rohul Merosot Tajam di MTQ Ke-35

0
Ini Penyebab Prestasi Rohul Merosot Tajam di MTQ Ke-35
Berita Riau -  Ini Penyebab Prestasi Rohul Merosot Tajam di MTQ Ke-35
Rohul, Riau24.com - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-35 Tingkat Provinsi Riau tahun 2016 di Kota Pekanbaru menorehkan luka di hati warga Rohul. Bagaimana tidak, prestasi qori dan qoriah asal Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang ikut dalam MTQ kali ini merosot tajam.

Hal ini sangat mengejutkan banyak pihak. Apalagi selama ini Rohul telah empat kali meraih juara umum berturut-turut, yakni 2012, 2013, 2014, dan terakhir 2015.
Namun pada MTQ Riau tahun ini, tiba-tiba prestasinya merosot hingga bertengger di posisi sembilan dengan perolehan nilai 15 poin. Prestasi tersebut bahkan masih di bawah kafilah Kuantan Singingi atau Kuansing.


Ketua Rombongan Kafilah Rohul pada MTQ ke-35 Riau 2016, Syaiful Bahri yang juga Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setdakab Rohul, mengatakan salah satu penyebab merosotnya prestasi kafilah karena minimnya pembinaan.

Diduga Korupsi Berjamaah, Sejumlah Pejabat di Siak Dipanggil Seksi Tipikor


"Tahun ini tak ada TC (training center) karena defisit anggaran, sebab dana hibah tak boleh lagi," ujar Syaiful kepada wartawan, Rabu (19/10/16).

Karena defisit anggaran, maka tidak ada pembinaan qori dan qoriah sebelum pelaksanaan MTQ ke-35 tingkat Provinsi Riau dan TC. Rohul hanya berdayakan potensi yang ada.

"Mudah-mudahan ke depan kita tetap dipakai putra putri Rokan Hulu," harapnya.

Hal lain yang bikin prestasi kafilah Rohul merosot yakni dua qori andalan sudah melebihi batas umur, seperti Indra Gunawan dan Pipin yang tidak bisa diikutsertakan. Padahal, dari dua qori ini Rohul berharap mendapat gelar juara pertama.

Sementara, qoriah andalan Rohul yang mewakili Provinsi Riau di MTQ tingkat nasional di Lombok untuk tahun ini bahkan tidak bisa meraih gelar juara.

Syaiful juga tak menampik, bahwa sebagai tuan rumah, Kota Pekanbaru tentu lebih mempersiapkan qori dan qoriah, bahkan menargetkan menjadi juara umum.

Namun demikian, Syaiful optimis pada MTQ ke-36 tingkat Provinsi Riau tahun 2017 mendatang akan meraih juara. Apalagi, Institut Saint Quran atau ISQ Rohul akan membuat program khusus tilawah.

"Memang kelemahan kita di cabang tilawah," pungkas Syaiful.

Dari data yang dirangkum Riau24.com, Juara umum MTQ ke-35 tingkat Provinsi Riau yakni Kafilah Pekanbaru, disusul Kafilah Kampar, Siak, Pelalawan, Bengkalis, Dumai, Rokan Hilir, Kuansing, Rohul, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir. Sedangkan Kafilah Kepulauan Meranti menarik diri menyusul 6 qori dan qoriahnya kena diskualifikasi.    (***)




R24/ags

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru