riau24 Begitu Lemahnya Penegakan Hukum di Kuansing | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Pemkab Kuansing

Begitu Lemahnya Penegakan Hukum di Kuansing

0
Begitu Lemahnya Penegakan Hukum di Kuansing
Berita Riau -  Begitu Lemahnya Penegakan Hukum di Kuansing
Kuansing, Riau24.com – Masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi terutama yang berada di pinggir Sungai Batang Kuantan kini merasa terusik akibat ulah penambang liar.

Karena aksi para Penambang Emas Tidak Berizin (PETI) yang melakukan aktivitas penambangan di sungai sudah merusak lingkungan, namun sampai hari ini belum tuntas diberantas oleh aparat dan instansi terkait.

"Kami merasa kecewa dengan penegak hukum, dan instansi pemerintah yang melakukan pembiaran PETI," ungkap Asri (53) salah satu warga Kuansing di Teluk Kuantan.

Dikatakannya, jika pemerintah tetap membiarkan pelaku perusak lingkungan seperti aktivitas PETI tetap beroperasi, maka kepercayaan masyarakat akan semakin berkurang.
Akibat PETI, banyak warga terganggu kesehatan maupun kenyamanan, akibat dampak dari suara penambangan liar, serta bahan-bahan berbahaya yang digunakan untuk mendapatkan emas di sejumlah tempat.

Pelindo I Cabang Dumai Bentuk Tim Satgas Pungli


"Pihak ESDM, BLH dan Kepolisian harus aktif untuk melakukan pencegahan secara berkesinambungan," paparnya.

Salah satu Tokoh Masyarakat Kuansing, Tamrin juga menyebutkan, salah satu tempat yang dijadikan lokasi dompeng berada di Sungai Sinambek. Padahal dekat sungai tersebut terdapat pemukiman masyarakat. 

"Suara mesinnya sangat keras, banyak masyarakat yang terganggu" paparnya.

Lemahnya pemberantasan PETI ini terjadi karena tim kurang bekerja maksimal, bahkan terkesan saling menyalahkan serta melempar tanggungjawab.

"Lebih baik diserahkan pada penegakkan hukum saja seperti Satpol PP saja daripada saling lempar tanggung jawab seperti saat ini," ujarnya.   (***)




R24/zar


 
 
 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru