riau24 Warga Kesal Akibat Ulah Para Penyidik di Kuansing | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Pemkab Kuansing

Warga Kesal Akibat Ulah Para Penyidik di Kuansing

0
Warga Kesal Akibat Ulah Para Penyidik di Kuansing
Berita Riau -  Warga Kesal Akibat Ulah Para Penyidik di Kuansing
Kuansing, Riau24.com - Masyarakat Kuansing sangat kesal dengan kinerja para penyidik di Kejaksaan Negeri (Kejari) Kuantan Singingi saat ini.
Selain bersikap sangat tertutup terhadap masyarakat, para penyidik tersebut juga terkesan tebang pilih dalam menyelesaikan sejumlah kasus.


Hal tersebut disampaikan salah seorang masyarakat Kuansing, Asri. Ia menganggap bahwa Kejari Kuansing terkesan mendiamkan sejumlah kasus besar yang ada di Kuansing.

"Banyak kasus besar didiamkan oleh para penyidik. Padahal jika ada yang berani mengungkap kasus tersebut, maka yang dapat nama baik juga pihak Kejari juga," ujarnya.


Bukan hanya Asri saja yang kesal, salah seorang warga bernama Kasma (43) juga demikian. Kasma bahkan berharap agar Kepala Kejaksaan Negeri segera diganti oleh Kejaksaan Agung (Kejagung).

Sejumlah penyidik di kantor Kejari terkesan ketakutan memproses sejumlah kasus korupsi di era Bupati Sukarmis. Buktinya banyak laporan yang masuk tidak dituntaskan. Dan hanya kasus dugaan korupsi bernilai kecil yang justru dikejar dan dituntaskan.

Begitu Lemahnya Penegakan Hukum di Kuansing


Masyarakat berharap agar sebagian besar penyidik dipindahkan  secepatnya oleh Kejagung, agar penegakkan hukum di Kuansing lebih optimal, sesuai dengan harapan banyak pihak.

Salah satu Tokoh Masyarakat Kuansing H. Chaidir Arifin menyebutkan, "Kemajuan suatu bangsa/daerah sangat ditentukan oleh kinerja yang seimbang dari 3 PILAR Lembaga pemerintahan, yaitu : Legislatif (anggota DPR/DPRD), Eksekutif (ASN) dan Yudikatif (Polisi, Jaksa dan Peradilan). Apabila sistem ini bekerja secara optimal dan seimbang, maka kepuasan dan partisipasi publik terhadap pembangunan akan meningkat pula", ujarnya.

Lemahnya sistem deteksi dari lembaga lembaga tersebut juga salah satu penyebab lambannya pekerjaan para penyidik, sehingga informasi yang disuarakan oleh rakyat kurang mendapat perhatian.

Hal ini dicontohkannya dengan banyaknya masukan yang cukup akurat beredar di medsos, tapi tidak ada perhatian dari lembaga terkait.

"Hal ini tentu dapat memunculkan sikap masyarakat yang apatis dan skeptis terhadap aparat, " ujarnya.


Salah satu imbas dari lambatnya proses hukum di Kuansing juga membuat investor dari luar daerah enggan masuk. Dan hal tersebut tentu berimbas dengan kemajuan ekonomi masyarakat Kuansing. (***)




R24/zar 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru