riau24 Eks Timor-Timor Terabaikan, Imigran Sejahtera | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Pekanbaru

Eks Timor-Timor Terabaikan, Imigran Sejahtera

0
Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau, Syariffudin
Berita Riau -  Eks Timor-Timor Terabaikan, Imigran Sejahtera

Pekanbaru, Riau24.com- Berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres), Kementerian Sosial melalui Dinas Sosial Provinsi Riau dalam waktu dekat akan menyalurkan pencairan atas kompensasi senilai Rp10 juta per KK kepada warga eks Timor-Timor yang telah menjadi tentara suka rela.

"Kita kan menurut ke pemerintah, sekarangkan ada Keppres tentang itu, memberikan ganti rugi itu, Kompensasi Rp10 juta perorang. Nah di Riau ada 137 warga eks Timtim yang tersebar. Itu tuntutannya sudah lama, baru sekarang dibuat Keppresnya. Mudah-mudahan awal November sudah bisa direalisasikan," ujar Kepala Dinas Sosial, Syariffudin (19/10/16).

Disebutkannya, Pemerintah pusat telah menganggarkan sekitar Rp300 miliar untuk pembayaran kompensasi kepada warga eks Timor-Timor yang tersebar di seluruh Indonesia. Penyaluran dana kompensasi tersebut akan diberikan melalui transfer yang pendataan telah melalui proses validasi.

"Sebenarnya itu kan kecil, mereka minta untuk modal usaha. Untuk pencairan tersebut, kita sudah melakukan pendataan dan kita sudah berkoordinasi dengan pihak kabupaten/kota, kemudian teknis penyerahan kan nanti melaui transfer itu. Validasinya sudah kita lakukan, kita akan salurkan ke nomor rekening masing-masing," terang Syariffudin.

Menurutnya, sebagian besar warga eks Timor-Tumor tersebar di Kota Pekanbaru dengan beragam pekerjaan.

"Kalau eks Timor-Timor itukan ada menjadi pegawai buruh, Bank, usaha. Itulah artinya kehidupannya sejak berpisah itu rumahkan di tinggal. Ya jadi dia tidak punya apa-apa lagi," lanjut Syariffudin.

Ketika ditanyakan mengenai kelanjutan warga Indonesia yang dianggap telah memberikan pengorbanan dan kini terabaikan tersebut, Dinsos katakan pembayaran kompensasi adalah merupakan tahap awal. Padahal, jika dilihat kembali, imigran yang bukan warga Indonesia, diberikan tempat tinggal yang layak dan disediakan langsung oleh pemerintah daerah.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru