riau24 Tugu Piala Adipura Akan Dipugar? | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Pekanbaru

Tugu Piala Adipura Akan Dipugar?

0
Tugu Piala Adipura yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di depan Kantor Walikota Pekanbaru
Berita Riau -  Tugu Piala Adipura Akan Dipugar?

Pekanbaru, Riau24.com- Setelah beberapa bulan lempengan kuningan Tugu Piala Adipura hilang, kini tersiar kabar bahwa akan dilakukan pemugaran terhadap tugu tersebut.


Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pekanbaru, Zulkifli Harun membenarkan kabar itu. "Benar. Rencananya akan dipasang lagi yang hilang kemarin," ujar Zulkifli saat dikonfirmasi Riau24.com, Rabu (19/10/2016).


Saat ditanya kapan pemugaran akan dilakukan, Zulkifli memperkirakan pada Januari atau awal tahun 2017 mendatang.


Zulkifli mengatakan pihaknya belum bisa melakukan pemugaran hingga mendapat kepastian hukum terkait laporan Dinas Cipta Karya mengenai hilangnya lempengan kuningan Tugu Piala Adipura saat polemik sampah di Pekanbaru tengah bergulir beberapa waktu lalu.


"Masalah kehilangan kuningan itu kan kemarin dilaporkan ke kepolisian oleh Dinas Cipta Karya. Nah pemugaran baru akan kita lakukan setelah ada kepastian hukum mengenai masalah itu, apakah boleh atau tidak kita lakukan pemugaran," urainya.


Pemugaran yang dilakukan nantinya, ungkap Zulkifli, akan memasang kembali lempengan kuningan yang hilang saat ini. "Itu kan hanya replika pialanya. Tentu kita juga mengganti sesuai kondisi semula," imbuhnya.


Kondisi lempengan kuningan pada tugu Adipura Kota Pekanbaru hingga kini masih terlihat bolong alias ompong. Di bagian atas tugu, kuningan yang hilang berbentuk bulan. Sedangkan di bagian bawah, berbentuk persegi empat.


Enam lempengan kuningan yang menempel di tugu berbentuk bangunan segitiga tersebut hilang beberapa bulan yang lalu saat peristiwa sampah melanda Kota Pekanbaru.


Lempengan tugu ini hilang saat berbagai organisasi masyarakat, mahasiswa hingga petugas kebersihan melakukan demo selama beberapa hari berturut-turut.


Kini, tugu Adipura terlihat bolong dan hanya tinggal kerangka dengan enam lubang menganga tempat melekatnya kuningan berelief Adipura dan akar kayu sebagai lambang lingkungan hidup.


Tugu Adipura didirikan pada masa Walikota Herman Abdullah sebagai tanda keberhasilan Kota Pekanbaru meraih Piala Adipura sejak tahun 2004 hingga 2011.


R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru