riau24 Tagih Janji Jokowi, Mahasiswa Riau Akan Aksi di Istana | Berita Riau
Selasa, 06 Desember 2016

Pojok Kampus

Tagih Janji Jokowi, Mahasiswa Riau Akan Aksi di Istana

0
BEM UR Tagih Janji Presiden
Berita Riau -  Tagih Janji Jokowi, Mahasiswa Riau Akan Aksi di Istana

Pekanbaru, Riau24.comPresiden Republik Indonesia Joko Widodo sempat berjanji untuk menyelesaikan permasalahan kebakaran lahan yang menyebabkan kabut asap di Riau.

Kabut asap yang dihasilkan oleh kebakaran lahan ini mengakibatkan gangguan kesehatan masyarakat Riau.

Kini, 2 tahun kepemimpinan Jokowi mahasiswa yang tergabung dalah BEM Universitas Riau menagih janji Jokowi yang sampai saat ini masih belum jelas.

Kebakaran hutan dan lahan serta polusi asap, sejak 18 tahun lalu tepatnya Juli 1997 hingga saat ini masih menjadi polemik yang nyata bagi pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan perekonomian.
Tanpa disadari, bencana kebakaran hutan dan lahan yang terjadi setiap tahunnya tanpa henti hingga menyebabkan polusi udara telah merusak masa depan bangsa ini.

Untuk diketahui, bencana asap juga telah menjatuhkan harkat dan martabat bangsa ini di tingkat masyarakat internasional, lebih spesifiknya lagi di Asia Tenggara.

Menurut presiden mahasiswa BEM UR Abdul Khair bencana tahunan ini telah mendatangkan kerugian yang besar dari segi ekonomi.


Etape II Atlet Sepeda Perpacu Dengan Rute Sepanjang Ratusan Kilometer

Jika Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP) merilis kerugian yang ditimbulkan mencapai Rp. 50 triliun, pemerhati lingkungan justru menyatakan lebih dari itu, atau mungkin tak tergantikan sama sekali.

Negara Indonesia harus segera terlepas dari polusi asap, karena telah belasan tahun mengalami bencana yang sama tanpa ada penanggulangan yang tepat hingga mengancam kehidupan secara massal.

Presiden Joko Widodo, tambahnya, pernah berjanji untuk penyelesaian permasalahan hulu kebakaran hutan dan lahan di provinsi Riau yang meliputi, Perizinan dan implementasi izin.
Janji Presiden Jokowi ini terlontar saat berkunjung ke Sungai Tohor, ia dan jajarannya menyatakan komitmen untuk mengevaluasi dan merevisi perizinan usaha di kawasan gambut, demi mengatasi bencana asap.
Hasil tindak lanjut atas komitmen tersebut kini dinanti. Hingga sekarang revisi dan tindak lanjut atas evaluasi belum dilakukan, dikutip dari kompas, Senin (3/8/2015).

"Presiden Joko Widodo juga pernah berjanji bahwa pada tahun 2015 tidak ada kebakaran hutan dan lahan, nyatanya semakin parah,"katanya.

Abdul Khair juga mengatakan dalam kunjungan Jokowi saat itu ke Posko Pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan Manggala Agni Departemen Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Kubu Raya, Kalimantan Barat, Joko Widodo berjanji pada tahun 2015 tidak ada lagi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Indonesia.

"Keinginan di awal tahun ini malah tak terwujud. Kebakaran hutan dan lahan justru terparah sejak 1997 silam dengan menelan korban jiwa meninggal serta jutaan hektar hangus terbakar,"ungkap Abdul.

Atas dasar keresahan dan kesedihan yang mendalam melihat kondisi yang kian memprihatinkan Maka mahasiswa yang tergabung dalam BEM UR menuntut kepada Presiden Joko Widodo untuk segera tuntaskan permasalahan kebakaran hutan & lahan yang selama ini terus terjdai di Provinsi Riau yang meliputi :

1.Permasalahan hulu kebakaran hutan & lahan tentang perizinan dan implementasi izin.

2.Proses pencegahan terhadap bencana kebakaran hutan & lahan. Jangan sampai kejadian Kebakaran hutan & lahan jadi bencana tahunan di Riau.

3.Penegakan hukum terhadap kebekaran hutan & lahan. Tegakan hukum setegak-tegaknya dan Adil seadil-adilnya sehingga tidak hanya tajam kebawah melainkan juga tajam keatas.

"Seiring dengan tuntunan ini kami BEM Universitas Riau akan melaksanakan aksi didepan Istana Negara Republik Indonesia bersama BEM Se-Indonesia yang tergabung dalam Aliansi BEM Seluruh Indonesia (BEM SI)," tutup Abdul.   (***)


 

R24/mla

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam