riau24 Warga Relakan Tanahnya Diambil Pemerintah Rohul, Asal... | Berita Riau
Sabtu, 10 Desember 2016

Infrastruktur Jalan

Warga Relakan Tanahnya Diambil Pemerintah Rohul, Asal...

0
Akses Jalan di Desa Serombo Indah
Berita Riau -  Warga Relakan Tanahnya Diambil Pemerintah Rohul, Asal...
Rohul, Riau24.com - Akses jalan poros dari Desa Serombo Indah ke Sungai Dua Indah, Kecamatan Rambah Hilir, sepanjang 9,5 km saat ini masih berupa jalan tanah. Namun jalan tersebut diharapkan dapat segera ditingkatkan menjadi jalan aspal.
 
Sejumlah warga Sungai Dua Indah menyatakan, pelebaran jalan poros selebar 20 meter tersebut dikerjakan Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) Rohul sejak tahun 2014 tanpa adanya ganti rugi bagi lahan warga yang terkena pelebaran. 
 
Kepala Desa (Kades) Sungai Dua Indah, Saridan, Kamis (20/10/2016) mengatakan sudah banyak warga yang mengadu kedirinya. Mereka berharap kades bisa memfasilitasi agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohul bisa merealiasikan peningkatan jalan ke desa mereka dari jalan tanah menjadi aspal.
 
“Memang sudah seharusnya akses jalan poros menuju ke desa kita diaspal. Karena jalan itu akses satu-satunya bagi warga untuk menuju ke ibukota kecamatan maupun ke desa lainnya. Dengan penduduk 683 Kepala Keluarga (KK) jumlah warga sekitar 2.000 jiwa, hampir 90 persennya berprofesi sebagai petani, berkebun kelapa sawit juga karet. Bila akses jalan lancar, maka hal tersebut akan memudahkan warga untuk mengangkut hasil pertanian dan perkebunan,” ungkap Saridan.
 
Yang jadi permasalahan warga ungkap Saridan lagi, jalan poros tersebut bila musim kemarau akan sulit dilalui masyarakat karena sangat berdebut. Sementara saat musim hujan, jalanan menjadi becek dan berlumpur.


KPU Belum Terima Cuti Kampanye Calon Pertahana 


“Dengan luas desa 8,8 km persegi, jalan tersebut hanya satu-satunya akses, itu pun tetap harus melalui Desa Serombo Indah. Kalau saat musim penghujan, kondisi jalanan bagaikan kubangan kerbau. Kita inginkan agar aspirasi masyarakat bisa direalisasikan oleh Pemkab Rohul,” kata Saridan.
 
Menyikapi keinginan masyarakat dengan dibukanya akses jalan poros lainnya dari Desa Sungai Dua Indah ke Desa Kepenuhan Jaya Kecamatan Kepenuhan juga untuk menuju desa tetangga lain serta untuk memudahkan warga luar datang ke  Kepenuhan Hulu, termasuk Kunto Darussalam, Kades akan memperjuangkan dan fasilitasi keinginan warga.
 
“Saat ini warga sudah merelakan tanah mereka untuk pelebaran akses jalan menuju ke desa lainnya. Karena warga berharap dengan dibukanya akses jalan ke desa-desa tetangga, hal tersebut akan memudahkan masyarakat beraktifitas yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat” katanya.
 
Sarida juga mengatakan, akses jalan merupakan permasalahan terbesar di desanya. Karena untuk sarana listrik dan sarana lainnya sudah terpenuhi.

“Kini yang jadi pekerjaan rumah desa adalah bagaimana akses jalan desa bisa diaspal serta dibukanya akses jalan lainnya. Bila  jalan sudah bagus, maka sentra ekonomi masyarakat juga akan ikut membaik,” harapnya.
 
Dengan dibukanya akses jalan menuju ke Kepenuhan Hulu, maka warga nantinya bisa menjual hasil perkebunan seperti kelapa sawit secara langsung ke Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Ema maupun ke PKS Ekadura yang jaraknya sekitar 12 km. Karena selama ini masyarakat selalu menjual hasil perkebunannya ke tengkulak, sehingga hasilnya kurang memuaskan.  (***)




R24/ags 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam