riau24 Status Siaga Darurat Karhutla Riau Segera Dicabut | Berita Riau
Kamis, 08 Desember 2016

Pekanbaru

Status Siaga Darurat Karhutla Riau Segera Dicabut

0
Karhutla Riau
Berita Riau -  Status Siaga Darurat Karhutla Riau Segera Dicabut

Pekanbaru, Riau24.com - Wakil Komandan Satgas Karhutla Riau, Edwar Sanger mengatakan status siaga darurat karhutla Riau akan segera diakhiri.

Keputusan ini hanya menunggu informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru terkait peralihan musim di Riau.

"Kalau nanti saya sudah mendapatkan informasi dari BMKG bahwa kita sudah mulai masuk ke musim hujan pada akhir Oktober ini ya kenapa tidak kita deklirkan bahwa kita sudah selesai untuk siaga Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla)," ungkap Edwar, Jumat (21/10/2016).

Namun kata Edwar, untuk mengakhiri status tersebut tentu memerlukan kajian-kajian khusus yang nantinya disampaikan oleh BMKG kepada pihaknya.

Jadi Pahlawan Bagi Masyarakat Rohul, Ini Yang Dilakukan Tokoh Masyarakat Atasi Kekeringan 

"Jangan sampai kita terlanjur mendeklirkan. Karena kalau kita akhiri siaga darurat maka seluruh perangkat akan dikirim lagi ke Jakarta termasuk helikopter dan sebagainya. Tidak boleh lagi disini. Peraturannya harus seperti itu," terang Edwar yang juga merupakan Kepala BPBD Riau.

Meski karhutla di Riau saat ini sudah menuai hasil yang sangat baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, Edwar mengatakan dua helikopter bantuan BNPB masih bersiap di Riau.

"Sekarang kita ada sedikit keistimewaan dari BNPB karena cuaca kita masih tidak menentu. Maka 2 heli masih standby di Riau ini," pungkasnya.

Untuk diketahui, penetapan status siaga darurat karhutla Riau tahun ini dimulai sejak Maret hingga Juni 2016. Namun berdasarkan hasil evaluasi, status siaga darurat karhutla diperpanjang hingga 30 November 2016 mendatang.   (***)


R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam