riau24 Keberkahan di Tepian Batang Lubuh, di Balik Kekeringan Warga Rohul | Berita Riau
Rabu, 07 Desember 2016

Rohul

Keberkahan di Tepian Batang Lubuh, di Balik Kekeringan Warga Rohul

0
Tepian Sungai Batang Lubuh
Berita Riau -  Keberkahan di Tepian Batang Lubuh, di Balik Kekeringan Warga Rohul
Rohul, Riau24.com- Kemarau panjang yang terjadi di Rokan Hulu (Rohul) mengakibatkan sumur masyarakat kering kerontang, sehingga warga kini manfaatkan sungai untuk kegiatan mandi dan mencuci. Dibalik kesulitan masyarakat dapatkan air, sejumlah pedagang makanan dan minuman memanfaatkan momen masyarakat berjualan di kawasan sungai.
 
Seperti halnya dilakukan Ana warga Pasir Pangaraian, memanfaatkan ramainya masyarakat yang beraktifitas di sungai Batang Lubuh 2 Desa Pematang Berangan kecamatan Rambah, dengan berjualan makanan dan minuman dan tidak tanggung-tanggung dirinya bisa meraup omset Rp300 ribu hingga Rp500 ribu per harinya.
 
Hamparan dasar sungai Batang Lubuh yang menjorok menjadi daratan akibat air sungai menyusut, dimanfaatkan Ana dan sejumlah pedagang lainnya dirikan dangau- dangau (pondok) beratapkan terpal biru untuk menata dagangan makanan ringan seperti, Pop mie, mie goreng, mie rebus, gorengan, termasuk minuman ringan untuk dijual ke warga yang datang ke sungai Batang Lubuh.
 
Ana mengaku, sejak kemarau panjang bahkan hampir setiap tahunnya dirinya berdagang makanan dan minuman ringan di sungai yang airnya sudah surut ke warga yang berada di Batang Lubuh untuk mandi, mencuci pakaian maupun cuci piring, kerap membeli makanan dan minuman ringan.
 
“Saya berjualan makanan dan minuman ringan di sungai batang lubuh setiap harinya, mulai jam 08.00 hingga 18.00 Wib, Untung yang kita dapatkan juga lumayan. Kita sudah enam bulan berjualan, banyak pembelinya dari masyarakat yang memanfaatkan sungai untuk keperluan mendi dan mencuci,” kata Ana.
 
Ana juga mengaku, bukan hanya warga yang mandi dan mencuci saja datang ke Batang Lubuh. Namun ada warga,mengambil air menggunakan jerigan termasuk mobil tangki, sehingga setiap harinya sungai ramai oleh warga.
 
“Hasil jualan yang lumayan, nantitnya dimanfaatkan bantu ekonomi keluarga. walau banyak hikmah dari berjualan saat kemarau panjang, saya tetap berharap hujan bisa segera turun di Rohul. Karena dengan kemarau yang panjang masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih," harapnya.
 
R24/adi/ags
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam