riau24 Taja FMRB, BEM UR Layangkan Tuntutan Terkait Karhutla | Berita Riau
Sabtu, 03 Desember 2016

Pekanbaru

Taja FMRB, BEM UR Layangkan Tuntutan Terkait Karhutla

0
BEM UR
Berita Riau -  Taja FMRB, BEM UR Layangkan Tuntutan Terkait Karhutla

Pekanbaru, Riau24.com- Menanggapi persoalan kebakaran hitan dan lahan (karhutla) yang tak berhenti melanda Riau sejak 19 tahun yang lalu, Kementerian Sosial dan Politik (Kemensospol) BEN UR menaja Forum Mahasiswa Riau Berani (FMRB) yang digelar di Wisma Atlet Rumbai, Pekanbaru.

"FMRB ini merupakan kegiatan dari Kementerian Sosial dan Politik BEM UR. Kegiatan ini merupakan yang ketiga kalinya diadakan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan jiwa-jiwa yang peka terhadap isu yang ada di masyarakat Riau", ungkap Rio selaku ketua pelaksana FMRB, Minggu (23/10/16).

Dengan mengangkat tema 'youth leadership against forest fire and haze pollution', agenda ini dilangsungkan selama 3 hari yaitu dari Jumat-minggu (20-23/10/16) dimana dihadiri oleh Mahasiswa baik yang berasal dari Universitas Riau maupun Universitas lain yang ada di seluruh Kabupaten dan Kota Provinsi Riau.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan peserta FMRB selama 3 hari adalah talk show penyampaian materi dengan mengusung tema 'Permasalahan Hulu dan Hilir Karhutla' yang diisi oleh Produser RTV, Syamsuyan Bahrunzi, S.Pi dan Made Ali, SH selaku Ketua Jikalahari.

Kemudian Kolonel Inf. Saad Myanto selaku perwakilan Danrem Pekanbaru dan materi II tentang "Dampak Karhutla Bagi Makhlukk Hidup dan Lingkungan" oleh Dr. Elviriadi, S.Pi, M.Si selaku Pakar Lingkungan. Malamnya, agenda dilanjutkan dengan Action plan yang tetap dipandu oleh Andres Pransiska.

FMRB dilanjutkan dengan materi tentang 'Dimensi Ekonomi Karhutla dan Pembiayaan Karhutla' oleh Triono Hadi, S.sos selaku FITRA RIAU. Selanjutnya penyampaian materi oleh Andres Armilis, S.IP, MA tentang 'Riau Beserta Kekayaan dan Bergaining Power yang Dimiliki'.

Selain itu, peserta FMRB juga diberikan materi tentang 'Sosialisasi Pencegahan Karhutla' oleh Kombes Pol.Drs Ibrahim Ismail, SH, M.Si dan AKBP, Hari HP. Materi berikutnya membahas tentang 'Integritas Totalitas, Solidaritas Pemuda' oleh Baikal, S.Pi, M.Si. Pada malam harinya, peserta FMRB mendapatkan materi tentang 'Dampak Karhutla bagi Makhluk Hidup' yang disampaikan oleh Ibu Rosita selaku pembina IPM-KesRi.

"Kegiatan ini merupakan hal yang positif dan harus dilestarikan. Saya sangat mengapresiasi karena acara ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa UR tetapi dari beberapa mahasiswa dari kabupaten dan kota di Riau", ujar Rosita.

Rosita juga menambahkan bahwa kegiatan ini bisa menjadi ajang advokasi dan wadah diskusi langsung terkait tentang isu-isu terkini yang menjadi trend di Riau. "Bagi peserta tetaplah berbuat untuk masyarakat dan lebih peka terhadap permasalahan dimasyarakat sehingga menjadi problem solver bagi masyarakat Riau," sambungnya.

Senada dengan Rosita, Aditya Putra Gumesa selaku Menteri Sosial dan Politik BEM UR berharap agar forum ini mampu melahirkan mahasiswa Riau yang mampu melakukan langkah taktis dan konkrit serta strategis.

"FMRB ini akan menjadi salah satu partner dari BEM UR untuk berkoordinasi dan mengawal masalah Karhutla di Riau. Harapan kami juga forum ini mampu mewujudkan mimpi masyarakat Riau bebas dari asap", ungkap Aditya.

Dalam kesempatan tersebut, BEM UR pun melayangkan beberapa tuntutan dari peserta FMRB terhadap pemerintahan Provinsi Riau dari hasil konsolidasi yang telah dilakukan, diantaranya, Koordinasi kolaborasi bersama LSM dan pihak pihak yang memiliki kesamaan visi untuk sama sama menyampaikan UU/gagasan, Revisi Undang-Undang terkait izin pembukaan perusahaan, alokasikan dana perusahaan 5% untuk masyarakat dan menuntut transparasi Anggaran Pencegahan Karhutla pada RAPBD 2017.

Kegiatan FMRB ditutup dengan pemberian reward peserta terbaik serta pemilihan ketua Umum Alumni FMRB ke III yang akan menjalankan program kerja yang dirancang dan dijalankan untuk 1 tahun kedepan.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam