riau24 Hujan Tak Kunjung Turun, Petani Nekad Tanam Padi di Lahan Kering Kerontang | Berita Riau
Sabtu, 10 Desember 2016

Petani Kuansing

Hujan Tak Kunjung Turun, Petani Nekad Tanam Padi di Lahan Kering Kerontang

0
Hujan Tak Kunjung Turun, Petani Nekad Tanam Padi di Lahan Kering Kerontang
Berita Riau -  Hujan Tak Kunjung Turun, Petani Nekad Tanam Padi di Lahan Kering Kerontang
Kuansing, Riau24.com -  Petani Desa Luai, Bukit Pedusunan, Seberang Pantai, Pulau Binjai dan Rantau Sialang, Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi, saat sekarang ini sedang sibuk melakukan penanaman padi pada musim tanam besar tahun 2016/2017.

Meskipun tanaman padi baru dimulai sekitar dua minggu lalu, namun diperkirakan akan selesai dalam satu bulan ke depan. Ini disebabkan lahan sudah kering kerontang, dan tidak ada air yang mengalir sedikitpun.

Alhasil kondisi seperti ini membuat para petani merasa kewalahan, karena kondisi tanah telah menjadi keras. Sehingga dalam mengolah lahan dengan menggunakan handtraktor juga kesulitan.


Hindari Korupsi, Warga Kuansing Minta Ini Ke Bupati


“Bagaimana kami bisa mengolah lahan dan bertanam padi dengan baik, sementara lahan pertanian kami saja sudah kering kerontang, karena tidak ada irigasi dan air hujan pun juga tidak pernah turun,” ungkap salah satu petani Molid (48) ketika dihubungi Riau24.com disela-sela lahan pertaniannya, Minggu (22/10).

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuansing melalui Distan harus membangun dan meningkatkan kualitas saluran irigasi, baik saluran irigasi primer maupun sekunder yang ada di lima desa tersebut.

“Areal persawahan di lima desa ini cukup luas, dan bisa menjadi kawasan lumbung beras Kuansing. Sudah sepantasnya dibangun saluran irigasi baru dan meningkatkan kualitas saluran irigasi yang ada. Sebab, apabila pasokan air untuk seluruh lahan persawahan petani dapat teraliri secara merata dengan baik, tentu saja petani akan dapat meningkatkan produksi tanaman padi,” paparnya.  (***)




R24/zar
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam