riau24 Sagu Riau Pecahkan Rekor MURI | Berita Riau
Sabtu, 03 Desember 2016

Pekanbaru

Sagu Riau Pecahkan Rekor MURI

0
Penyerahan piagam rekor MURI kepada Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman
Berita Riau -  Sagu Riau Pecahkan Rekor MURI

Pekanbaru, Riau24.com- Upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam rangka memecah rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan olahan menu makanan dan minuman yang berbahan baku sagu terbanyak di Indonesia akhirnya tercapai dengan Piagam penghargaan bernomor 7668/MURI/X/2016.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Muri, jumlah makanan dan minuman olahan berbahan baku sagu yang disajikan hari ini berjumlah 369 mengalahkan pencapaian sebelumnya sebanyak 308 dari Kabupaten Buru, Provinsi Maluku.

"MURI pada hari ini mencatat suatu karya yang luar biasa dalam kategori kuliner. Sagu yang umum dikenal di Indonesia bagian Timur ternyata juga dimiliki oleh Provinsi Riau yang sangat kaya. Kini rekor dipegang oleh masyarakat Riau," ujar Senior Manager MURI, Awan Rahargo.

Sementara itu, Gubernur Riau (Gubri), Arsyadjuliandi Rachman menuturkan festival yang ditaja dengan bekerja sama Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) merupakan langkah awal untuk memperkenalkan sagu ke dunia.

"Acara ini dalam rangka memperkenalkan sagu. Riau ini salah satu penghasil sagu terbesar di Indonesia," ujar Gubernur Riau (Gubri), Arsyadjuliandi Rachman usai pelaksanaan festival makanan berbahan baku sagu, Selasa (25/10/16).

Dijelaskan Gubri, Pencapaian rekor muri merupakan salah satu tahapan dari Riau untuk program Riau menyapa dunia. "Sagu yang punya potensi makanya kita coba perkenalkan lebih dahulu kepada masyarakat dan APJI juga berjanji memperkenalkan sagu ke nasional," sambung Gubri.

Sebelumnya, lanjut Gubri, saat Rapat Koordinasi Nasional beberapa waktu lalu, Presiden RI menganjurkan setiap daerah untuk memiliki satu program yang diunggulkan dan Riau tetap pada Pariwisata Berbasis Budaya. 

"Sagu termasuk di dalam indikator pariwisata selain beberapa hal lain seperti transportasi dan lain-lain. Pariwisata kan termasuk di dalamnya kuliner, maka sagulah yang kita dorong. Apalagi pariwisata kini menjadi prioritas," tutup Gubri.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam