riau24 Perlu Replanting, Kelapa Bulat Inhil Butuh Investor | Berita Riau
Minggu, 11 Desember 2016

Pekanbaru

Perlu Replanting, Kelapa Bulat Inhil Butuh Investor

0
Perkebunan kelapa Inhil
Berita Riau -  Perlu Replanting, Kelapa Bulat Inhil Butuh Investor

Pekanbaru, Riau24.com- Pemerintah daerah Kabupaten Inhil menyebutkan potensi kelapa bulat yang dimiliki oleh negeri seribu parit ini membutuhkan hadirnya investor. Pasalnya, sebagian besar lahan diharuskan untuk menjalani program peremajaan karena telah rusak.

"Luas perkebunan 431.000 hektare, sementara lebih dari seratus ribu telah rusak dan membutuhkan replanting (peremajaan, red)," sebut Sekretaris Daerah (Sekda) Inhil, Said Syarifuddin di Ballroom Dang merdu Bank Riau Kepri, Selasa (25/10/16).

Padahal menurut Said, lahan perkebunan kelapa yang dimiliki daerah Inhil merupakan yang terluas namun kalah saing dengan hasil perkebunan kelapa bulat yang dimiliki Kabupaten Sulawesi Utara, Manado. "Padahal luasan wilayahnya hanya 2000 hektar," sambung Said.

Sebanyak lima perusahaan sudah berinvestasi di Kabupaten Inhil. Akan tetapi, kapasitas untuk menampung produksi kelapa kecil sehingga harga jual kelapa menjadi turun.

"Ada kapal Malaysia di Buntung, Inhil menerima kelapa butir secara cash Rp2800 sampai Rp3 ribu. Sedangkan, pabrik hanya jual Rp1800 itupun dibayar satu bulan kemudian," jelasnya.

Dikatakan Said, perlu peraturan tata niaga kelapa sehingga masyarakat tidak lagi menjual hasil produksinya ke negara lain. "Jadi, investasi tidak keluar, cukup di dalam negeri," jelasny.

Riau Investment Forum sendiri merupakan serangkaian acara Riau Expo 2016. Dimana, tidak kurang dari seratus investor dihadirkan untuk memperkenal potensi 12 kabupaten dan kota se-Riau yang dapat dikembangkan.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam