riau24 Sagu Obat manjur Penderita Diabetes | Berita Riau
Senin, 05 Desember 2016

Pekanbaru

Sagu Obat manjur Penderita Diabetes

0
Sagu
Berita Riau -  Sagu Obat manjur Penderita Diabetes

Pekanbaru, Riau24.com- Profesor Dr. ir. Bambang Harianto menyebutkan, pihaknya telah melakukan penelitian pada relawan penderita diabetes untuk secara konsisten mengkonsumsi sagu. Hasilnya, kadar gula dalam darahnya cenderung menurun.

"Diabetes itu ada dua, faktor keturunan dan pola makan. Kalau yang pola makan, penderita diabetes tidak lagi orang tua, yang muda pun banyak yang terkena diabetes," ujar Bambang pasa awak media, Selasa (25/10/16).

Pasalnya, jenis makanan yang dikonsumsi masyarakat jaman kini jauh dari sehat. Tidak hanya itu, pola makan yang salah juga menjadi faktor munculnya penyakit ini. Misalnya, makan mie yang dicampur dengan nasi atau makanan semisalnya.

"Nasi itu sudah berapa kandungannya, tidak seimbang dengan kebutuhan tubuh. Sehingga kalau berlebih, ini yang menjadi diabetes," sambung Bambang.

Namun sayangnya, masyarakat Indonesia cenderung lebih menyukai beras sebagai bahan pokok ketimbang sagu. "Ya iya, nasi itu kan terasanya enak. Namun yang perlu diingat, harusnya umur 40 tidak boleh lagi makan enak," kata Bambang.

Menurutnya, sagu memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang baik untuk kesehatan. "Sagu ini bisa kita angkat agar masyarakatnya lebih sehat," lanjut Bambang.

Dikatakannya, penyerepan energi dari nasi sama halnya dengan sagu. Hanya saja berbeda pada tingkat kalori yang djeluarkan oleh masing-masing makanan tersebut.

"Sagu dari sisi energi sama, namun Kalau terlalu banyak makan beras sehingga pasokan karbo sangat besar dan mempengaruhi kesehatan," pungkasnya.

R24ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam