riau24 Terdapat Titik Api, Wacana Pencabutan Siaga Karhutla Masih Rencana | Berita Riau
Sabtu, 03 Desember 2016

Pekanbaru

Terdapat Titik Api, Wacana Pencabutan Siaga Karhutla Masih Rencana

0
Terdapat Titik Api, Wacana Pencabutan Siaga Karhutla Masih Rencana
Berita Riau -  Terdapat Titik Api, Wacana Pencabutan Siaga Karhutla Masih Rencana

Pekanbaru, Riau24.com- Edwar Sanger selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau menyebutkan pencabutan status siaga kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau akan melalui proses peninjauan kembali.

“Jadi kita sedang melakukan kajian, kalau memang kita sudah masuk ke musim hujan dan memang situasi dan kondisinya memungkinkan dan aman,  ya kita kenapa tidak kita beri itu,” ujar Edwar Sanger kepada awak media Rabu (26/10/16).

Namun, menurutnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau beserta jajarannya jangan gegabah terlebih dahulu mengingat masih bermunculnya titik api dibeberapa daerah di Provinsi Riau. Salah satu contohnya di Kabupaten Kampar, tepatnya Tanjung Permai Kampar Kiri.

“Ada beberapa juga wilayah kabupaten/kota yang masih memohon bantuan hotspot sama kita untuk di water bombing kan, nah itu yang harus kita amankan sekarang. Nanti kita sabar dulu, kita lihat kajian mendalam beberapa hari ke depan dari BMKG,” terang Edwar.

Ia menuturkan, proses peninjauan ini cukup sulitdilakukan karena titik api yang bermunculan berada di bukit-bukit yang medannya sulit untuk ditempuh. “Jadi trennya bukan di gambut lagi karhutla itu tapi di atas bukit. Itu yang sekarang kita upayakan,” lanjutnya.

Ketika dikonfirmasi ke Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Ahmad Hizaji, ia menuturkan belum mengetahui terkait wacana pencabutan status siaga karhutla di Riau.

“Saya baru tahu hari ini lagian kan masih akan. Nanti kita pertimbangkan, kan belum ada keputusan itukan,” kata Ahmad.

R24/ntg 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam