riau24 Gubri Tekankan Plt Wako Pekanbaru Jaga Netralitas ASN | Berita Riau
Selasa, 06 Desember 2016

Pekanbaru

Gubri Tekankan Plt Wako Pekanbaru Jaga Netralitas ASN

0
Gubri Tekankan Plt Wako Pekanbaru Jaga Netralitas ASN
Berita Riau -  Gubri Tekankan Plt Wako Pekanbaru Jaga Netralitas ASN

Pekanbaru, Riau24.com- Gubenur Riau, Arsyadjuliandi Rachman meresmikan pelaksana tugas (plt) Walikota Pekanbaru, Edwar Sanger yang menggantikan petahana Firdaus-Ayat hingga pemilihan kepala daerah di 2017 mendatang.

Penunjukkan Edwar Sanger sebagai plt Walikota Pekanbaru sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.14-9971 tahun 2016 ini berlaku pada tanggal 28 Oktober 2016 sampai dengan dilantiknya Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru defenitif.

"Plt ditetapkan guna menghindari terjadinya kekosongan kepemimpinan dan stagnasi pemerintahan daerah di Kota Pekanbaru selama masa kampanye pemilihan kepala daerah Kota Pekanbaru tahun 2017," ujar pria yang kerap disapa Andi Rachman, Kamis (27/10/16).

Menurutnya, beberapa agenda penting yang perlu diselesaikan oleh plt Walikota Pekanbaru adalah memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dan memfasilitasi penyelenggaran pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru defenitif.

Kemudian kata Gubri, beberapa hal yang menjadi penekanan dalam wewenang plt Walikota Pekanbaru adalah menggesa penyerapan APBD murni tahun 2016 serta menyelesaikan siklus APBD tahun 2016 secara maksimal sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan menyelesaikan penyusunan APBD tahun 2017.

"Kita harapkan plt Walikota Pekanbaru harus menggesa penyerapan APBD murni tahun 2016 yang akan berdampak pada APBD murni 2017," kata Gubri.

Selain itu plt Walikota Pekanbaru harus menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) sesuai dengan surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Nomor b/2355/m.pan/07/2017 tentang netralitas ASN dan larangan penggunaan aset pemerintah dalam pemilihan kepala daerah.

Sementara itu, plt Walikota Pekanbaru, Edwar Sanger saat dikoflnfirmasi akan menjaga netralitas ASN. "Seuai amanat MenPAN RB, kita Menjaga netralitas ASN, jangan sampai berpolitiklah," tutur Edwar di Gedung Daerah Balai Serindit.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam