riau24 Semangat Juang Purnawirawan TNI Ini Dapat Jadi Cambuk Untuk Pemuda Rohul | Berita Riau
Senin, 05 Desember 2016

Kisah Inspirasi

Semangat Juang Purnawirawan TNI Ini Dapat Jadi Cambuk Untuk Pemuda Rohul

0
Semangat Juang Purnawirawan TNI Asal Rohul Ini Dapat Jadi Cambuk Untuk Pemuda Rohul
Berita Riau -  Semangat Juang Purnawirawan TNI Ini Dapat Jadi Cambuk Untuk Pemuda Rohul
Rohul, Riau24.com - Walaupun telah pensiun (purnawirawan) dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) sejak 2016, Serma (Purna TNI) Afdinal atau akrab disapa Uwo, akan terus mengabdi pada negara hingga akhir hayatnya.

Meskipun kini dirinya bekerja sebagai tenaga honorer di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dihubkominfo) Rohul yang ditugaskan untuk menjaga terminal di Pasir Pengaraian.

Pria kelahiran Kelurahan Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tahun 1955 yang memiliki seorang isteri dan 3 anak yang diketahui tinggal di Bangkinang, Kabupaten Kampar, harus rela berpisah selama 5 hari dengan isteri, Ningsih agar bisa tetap mengabdi sebagai tenaga honorer di Pemkab Rohul.

Uwo disela-sela kegiatannya membersihkan areal terminal, Jum'at (28/10/2016) mengaku, selama 29 tahun bertugas sebagai anggota TNI sudah banyak makan asam-garam.
Bahkan dirinya pernah ikut dalam operasi di Timor-Timor (sekarang Timor Leste, red) tahun 1978 hingga 1979. Kala itu dirinya masih baru diangkat menjadi prajurit TNI berpangkat Kopral di usia 20 tahun.   

“Dari 7 rekan dari Riau yang dikirimkan ke Timor-timor termasuk saya, yang pulang dengan selamat hanya 4 orang. Tiga rekan saya tidak diketahui rimbanya, bahkan di operasi tersebut kita juga berhasil menangkap pejuang Timor-timor Xanana Gusmao. Suka duka selama operasi di Timor-timor begitu terasa hingga kini, apalagi saat itu kita masih pemuda usia 20 tahun yang darahnya masih membara dengan semangat berkorbar,” ungkap Uwo.

Uwo sendiri pernah bertugas sebagai anggota Intel di Batalion 132- BS, serta Intel di Kodim 0316-Batam, kemudian di Kodim 0313/KPR hingga pensiun.
Namun pengabdiannya tidak hanya dicurahkannya sebagai anggota TNI saja, dengan sisa usia dirinya kini akan tetap mengabdi sebagai tenaga honorer di Pemkab Rohul bila masih dipercaya pemerintah. 


Mobil Dinas Walikota Dumai Dilakukan Uji Emisi Gas Buang


“Bahkan saya pernah menjadi tenaga honorer di bagian Keuangan Setda Rohul, lalu dipindahtugaskan ke Dishubkominfo Rohul. Kini saya dipercaya pimpinan, menjaga terminal Pasir Pengaraian, dan semuanya saya kerjakan dengan penuh tanggungjawab,” kata Uwo lagi.

Uwo berharap, dimomentum Hari Sumpah Pemuda yang jatuh Jumat 28 Oktober 2016, diharapkan pemuda di Rohul khususnya bisa berbuat untuk daerah.
Bagaimana kabupaten Rohul bisa lebih baik dan maju kedepannya, sehingga kehidupan dan ekonomi masyarakat bisa meningkat.

“Yang terpenting lagi, bagaimana pemuda di Rohul bisa membangkitkan rasa nasionalisme, dan bagaimana berbuat agar kabupaten kita lebih baik kedepannya. Usia tidak jadi hambatan, yang terpenting kemauan untuk bersama-sama membangun Rohul itu harus bisa dilaksanakan,” harapnya.

Bahkan dengan sikap dan kemauan kerasnya, Uwo sudah mengantar ketiga anaknya berhasil. Dimana dua putranya, kini sudah menjadi anggota Polri, satu orang bertugas di Kabupaten Kuantan Singinggi, dan seorang lagi di Sekolah Polisi Negara (SPN) Pekanbaru, dan seorang lagi wiraswasta.       

“Apa yang menjadi tugas pokok dan fungsi (tufoksi) akan saya laksanakan. Saya tidak akan memilih tugas yang diberikan pimpinan. Dengan jiwa juang dan semangat tinggi saya akan terus bekerja dan mengabdi. Ibarat pepatah, perjuangan akan tetap dilanjutkan dengan pengabdian bentuk lain demi negara dan masyarakat,” ucapnya.

Uwo juga berpesan ke seluruh generasi muda, bertepatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini, agar bisa ikut berperan dalam membangun Rohul yang tercinta ini. K
Caranya antara lain dengan menjaga stabilitas dan keamanan, serta berperan dalam pembangunan di seluruh bidang.
”Jujur, mau bekerja, dan kemauan keras, adalah modal bagi pemuda untuk bisa lebih maju dan sukses,” ungkapnya.    (***)




R24/ags 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam