riau24 Migas dan Perkebunan Tak Menguntungkan, Riau Prioritaskan Sektor SDM | Berita Riau
Selasa, 06 Desember 2016

Pekanbaru

Migas dan Perkebunan Tak Menguntungkan, Riau Prioritaskan Sektor SDM

0
Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman.
Berita Riau -  Migas dan Perkebunan Tak Menguntungkan, Riau Prioritaskan Sektor SDM

Pekanbaru, Riau24.com- Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman menyebutkan momentum Sumpah Pemuda ke 88 tahun 2016 ini merupakan waktu yang tepat untuk melakukan perubahan orientasi pembangunan daerah pada pembangunan Sumber saya manusia yang seharusnya dilakukan sejak dulu.

Sebab menurutnya, Riau kini tidak bisa lagi berpangku pada sektor minyak bumi dan gas yang tidak lagi menguntungkan. "Zaman dan era sudah berubah. Kita tak lagi bisa mengandalkan migas sebagai tumpuan ekonomi kita," ujar Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, Jumat (28/10/16).

Apalagi menurut Andi, begitu sapaan akrabnya, selama ini anggaran daerah banyak terkuras untuk pengembangan industri migas di Riau. Namun nyatanya usaha tersebut terkesan hanya menghabiskan anggaran daerah yang harusnya bisa digunakan untuk pembiayaan pembangunan yang lainnya.

"Kita harus berubah dan berbenah. Kita sudah terlalu lama lengah dengan status kepemilikan sumber daya alam yang kaya sehingga mengabaikan pembangunan sektor lainnya. Kita harus mulai kembangkan mutu manusia dengan fokus pada pembangunan sektor pendidikan dan budaya," terang orang nomor 1 di Riau ini.

Ia yakin dengan jumlah penduduk sebanyak 6,5 juta jiwa ini, Riau masih memiliki harapan yang besar untuk melepaskan diri dari kebanggaan Riau yaitu migas dan juga perkebunan yang kian hari kian memburuk dan tidak memberi hasil yang baik ada pendapatan daerah Riau.

Bahkan berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia mengalami perlambatan ekonomi yang disebabkan oleh fluktuasi ekonomi global yang masih buruk sehingga berdampak langsung kepada masyarakat.

"Namun kita masih harus bangga karena Riau masuk dalam lima besar provinsi yang PDRB-nya tertinggi di Indonesia dan tertinggi di SUmatera. Jadi meskipun secara global Indonesia sedang terdampak, Riau masih sanggup berjalan dengan baik ketimbang daerah lainnya," tandasnya.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam