riau24 IKPP Berlakukan Pensiun Dini, Perusahaan Anggap Itu Hal Yang Biasa | Berita Riau
Sabtu, 03 Desember 2016

PHK Besar-Besaran

IKPP Berlakukan Pensiun Dini, Perusahaan Anggap Itu Hal Yang Biasa

0
IKPP Berlakukan Pensiun Dini, Perusahaan Anggap Itu Hal Yang Biasa
Berita Riau -  IKPP Berlakukan Pensiun Dini, Perusahaan Anggap Itu Hal Yang Biasa

Siak, Riau24.com - PT IKPP Perawang memberlakukan pensiun dini bagi karyawan tidak produktif. Namun hal itu dinilai sejumlah pihak hanya sebagai alasan guna melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap karyawannya.

Terkait isu PHK massal yang dilakukan PT Indah Kiat Pulp dan Paper Perawang, Hasanuddin selaku pimpinan perusahaan mengatakan PHK itu hal yang biasa dan perusahaan tengah memberikan kesempatan kepada karyawannya untuk pensiun dini.

“Biasalah itu ya, memang perusahaan kita sedang melakukan kesempatan pensiun dini. Itu cara orang melihat saja, tiap tahun pengurangan karyawan tentu ada,” kata Hasanuddin.

Menurutnya, kesempatan pensiun dini yang diberikan perusahaan kepada karyawan dipandang sebagai penyegaran di perusahaan dan akan diganti dengan tenaga kerja baru yang disesuaikan.

Pemuda Indonesia Menatap Dunia 

“Kalau kita lihat itu semacam penyegaran juga. Karyawan yang sudah tua, sudah lama kerja, performanya kurang, tidak bisa mengikuti perkembangan teknologi yang ada, kita akan masuki tenaga-tenaga baru yang menyesuaikan, tentu dicari yang lebih optimal, efisiensi dan multi talent,” terang Hasanudin.

Ditambahkan, Hasanuddin mengaku tidak mengetahui berapa jumlah karyawannya yang sudah melakukan PHK sepanjang 2016.

Menanggapi terkait PHK masal, salah seorang pekerja di PT IKPP Perawang menilai itu bukan sekedar isu, pensiun dini dan tidak produktif hanya alasan perusahaan untuk mem-PHK karyawannya.

“Saya kira itu hanya kedok atau alasan perusahaan saja, satu kali mendapat C (penilai tahunan perusahaan,red) saja kita sudah sibuk dipanggil terus dan ditawarkan PHK. Dengar-dengar target perusahaan jumlahnya ribuan karyawan yang akan dikurangi. Kita bisa lihat, diseksi saya saja sudah lebih dari 7 orang yang diPHK baru-baru ini. Beberapa seksi lain, seperti seksi SUT yang kabarnya sudah tidak ada lagi, kemudian seksi security yang dulunya karyawan IKPP sekarang banyak diisi oleh pekerja kontrak, sepertinya perusahaan akan lebih banyak memakai pekerja kontraktor,” tanggap salah seorang karyawan PT IKPP Perawang yang tak mau disebut namanya.   (***)




R24/lin 

 
 
 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam